Pemkab Buteng Proses Pengalihan Aset – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Tengah

Pemkab Buteng Proses Pengalihan Aset

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah mekar pada tahun 2014 lalu, pemerintah kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) terus memaksimalkan proses pengalihan aset daerah dari Pemkab Buton ke wilayah yang kini dalam kendali Bupati, H. Samahuddin itu. Saat ini daerah otonom baru itu, sementara mendata aset yang belum melalui proses serah terima secara resmi.

Plt. Kepala BPKAD Buteng, H. La Maeta mengatakan, sebenarnya sudah ada beberapa aset yang diserahkan saat 2013 lalu, hanya saja belum semua. Pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemkab Buton untuk melakukan langkah percepatan penyerahan aset daerah tersebut.

“Kami masih terus mendata aset Pemkab Buton yang seharusnya diserahkan ke Buteng. Kalau datanya sudah lengkap kami akan meminta serah terima secepatnya. Dengan demikian, kami bisa mengelola aset ini secara mandiri,” ungkapnya. Menurut La Maeta, aset yang sudah diterima dan belum diserahkan tidak bisa disebutkan satu per satu. Namun semuanya dipisahkan dalam lima kategori utama, yakni, tanah dan peralatan mesin. Selain itu, ada gedung bangunan, jaringan irigasi dan aset Pemkab lainnya.

“Pasalnya, persoalan aset sangat berpengaruh pada laporan keuangan daerah. Hal ini menjadi kendala bagi kami untuk mendapat opini wajar tanpa pengeculian. Kami baru bisa mendapat opini wajar dengan pengecualian,” jelasnya. Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya sementara mengupayakan penyerahan pengelolaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) agar dikelola Pemkab Buteng. Aset tersebut dianggap sangat penting karena menguasai hajat hidup orang banyak. “Untuk pengelolaan PDAM ini saat ini sementara kami konsultasikan dengan Pemkab Buton agar segera dialihkan ke Buteng,” tutupnya. (c/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top