Kenang Jasa Pahlawan dengan Melayani Masyarakat – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Kenang Jasa Pahlawan dengan Melayani Masyarakat

Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra menyerahkan bantuan kepada warga kurang mampu usai pelaksanaan upacara Hari Pahlawan di halaman kantor Wali Kota Kendari, Jumat (10/11). Foto: Humas Pemkot Kendari For Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — 10 November saban tahun diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peringatan yang digelar dalam upacara bendera menjadi momentum untuk mengenang jasa para pahlawan dalam membebaskan bangsa ini dari belenggu kolonial dan mempertahankan kemerdekaan yang telah direngkuh. Aksi heroik pejuang bangsa yang ditorehkan tinta sejarah membangkitkan semangat nasionalisme anak-anak negeri.

Peringatan Hari Pahlawan juga digelar Pemkot Kendari dan Pemprov Sultra ditempat berbeda. Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra menjadi inspektur upacara yang diikuti oleh seluruh jajaran Pemkot, Jumat (10/11) dihalaman kantor Wali Kota Kendari. Wakil Wali Kota, Sulkarnain setia mendampingi sang wali kota termuda di Sultra itu.

Begitu pula di halaman kantor Gubernur Sultra. Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Lukman Abunawas memimpin upacara Hari Pahlawan. Amanat Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa dibacakan dalam seremoni tersebut. Di Bumi Praja Kantor Gubernur Sultra, Sekprov Lukman Abunawas mengatakan peringatan hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan pada jasa pejuang yang mempertahankan kemerdekaan. Kini, perang fisik itu telah usai, warga bertugas mengisi kemerdekaan dengan pembangunan diberbagai sektor.

Nah, bagi PNS selaku abdi negara diminta untuk menghargai jasa pahlawan dengan memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat untuk bangsa ini. Dihadapan ratusan aparatur lingkup Pemprov Sultra, Lukman Abunawas mengajak semua lini untuk bekerja menurut tugas dan fungsi masing-masing secara maksimal. “Kalau kita hargai jasa pahlawan yang rela mati untuk kemerdekaan maka kita harus berikan yang terbaik. Karena kita PNS maka ayo berikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” ujar mantan Bupati Konawe dua periode itu.

Lukman Abunawas menekankan agar nilai peringatan Hari Pahlawan itu tak habis usai upacara digelar. Setiap insan patut bertanya pada dirinya apa yang sudah diberikan untuk bangsa ini. “Sekarang banyak ancaman yang kita hadapi, baik itu perselisihan sosial maupun politik. Makanya pemahaman kita soal sejarah bangsa ini penting dimaknai mendalam untuk mengokohkan persatuan dan kesatuan,” tukasnya.

Ditempat berbeda, Wali Kota Adriatma Dwi Putra dengan lantang mengajak seluruh masyarakat Kota Kendari untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang mempertahankan negeri ini. Bahkan mereka (pahlawan) rela mengorbankan jiwa dan raga demi keutuhan NKRI. Karena tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia. “Tanpa perjuangan mereka (pahlawan) kita tidak akan berdiri ditempat ini. Tanpa perjuangan mereka kita tidak akan hidup tenang dan tentram seperti saat ini dan bila tanpa perjuangan mereka kita tidak akan menikmati negeri tercinta ini,” lantang suara Adriatma Dwi Putra.

Dengan mengenang jasa pahlawan pasti seluruh warga akan mempertahankan warisan yang sangat berharga yang bernama kemerdekaan. “Tentunya momen hari pahlawan ini hanya sebuah seremoni yang dilaksanakan sehari saja, namun memori tentang jasa pahlawan kita harus menjadi penyemangat kita dalam kehidupan untuk merawat dan mempertahankan warisan yang ada ini,” katanya.

Usai upacara, mantan anggota DPRD Sultra itu turun dari podium dan menyerahkan bantuan fasilitas kesehatan kepada warga kurang mampu. Selain itu, bantuan kepada penyandang disabilitas juga diberikan. “Bantuan diberikan dari partisipasi mitra kita, yaitu BPJS dan BRI. Saya berharap bantuan ini bermanfaat dan digunakan sebaik-baiknya,” pinta Adriatma Dwi Putra. (ely/kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top