Dinas Pertanian Busel Belum Miliki Operator Traktor – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Selatan

Dinas Pertanian Busel Belum Miliki Operator Traktor

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pada tahun 2017, Dinas Pertanian (Distan) Buton Selatan (Busel) mendapat bantuan satu unit traktor dari Kementerian Pertanian (Kementan) setelah mengajukan proposal bantuan. Plt Kepala Dinas Pertanian Busel, Muhammad Rais mengatakan satu unit traktor multi guna tersebut untuk mendukung program upaya khusus padi jagung dan kedelai (Upsus Pajale). Buton Selatan mendapat kouta bantuan Upsus Pajale khususnya bibit jagung hibrida untuk 1.200 hektare.

Sayangnya, dengan sistem verifikasi calon petani calon lahan (CPCL), masyarakat petani Busel hanya menyanggupi 513 hektare. “Traktornya sudah ada satu unit namun belum ada operator yang dapat mengoperasikan secara maksimal. Dalam waktu dekat kami akan uji coba,” ujar Muhammad Rais, minggu (12/11)

Menurutnya, traktor bantuan Kementan ini merupakam alat pertanian modern pertama yang ada di Buton Selatan. Kemampuan traktor tersebut bukan hanya digunakan untuk mengolah lahan pertanian jagung hibdrida tetapi dapat dipakai bagi lahan hortikultura. “Jika dioperasikan pada lahan rata, bisa satu hingga tiga hektar perhari,” katanya.

Wilayah Buton Selatan yang berpotensi dalam pengembangan pertanian diidentifikasi pada tiga kecamatan, yakni Batauga, Sampolawa dan Lapandewa. “Daerah kami lebih dekat dengan Kota Baubau sehingga peluang bagi petani untuk menjual hasil pertaniannya lebih besar dibandingkan daerah lain,” klaimnya. (c/m2)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top