Delegasi Kuis Kihajar Bersaing di Tingkat Nasional – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Delegasi Kuis Kihajar Bersaing di Tingkat Nasional

Kepala BTIKP Sultra, H. Munir Herman, M.Pd., saat melepas delegasi Kuis Kihajar Sultra yang siap bersaing di tingkat nasional. Foto: Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Momen paling dinanti akhirnya tiba juga. Pekan ini, jawara Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) yang lolos seleksi tingkat provinsi beberapa waktu lalu sudah harus menunjukkan kemampuan di hadapan juri nasional. Tepatnya hari ini, senin (13/11), keempat siswa delegasi Bumi Anoa diterbangkan ke Jakarta demi bersaing memperebutkan posisi teratas, berhadapan langsung dengan peserta dari 33 provinsi lainnya.

Kata Kepala Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Sultra, H. Munir Herman, M.Pd., total jumlah peserta yang bakal adu ketangkasan otak dalam Kuis Kihajar Nasional yang jalan sepanjang tanggal 13-17 November adalah 122 peserta didik senusantara. Sementara Sultra mengirimkan empat perwakilan. Satu dari Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Ummusshabri, satu dari SMPN 1 Kendari, satu dari SMPTQ Muadz Bin Jabal dan satu lagi dari SMAN 1 Kendari.

“Untuk jenjang SMP, ada dua siswa kami berangkatkan karena yang satu lolos secara langsung lewat website Kuis Kihajar dan masuk tiga besar tingkat nasional. Buat anak-anakku mohon jaga kesehatan supaya fit pada saat kompetisi,” pesannya.

Dengan Kuis Kihajar, sambung Herman, ia harap siswa mampu menguasai teknologi dan informasi untuk kembangkan ilmu pengetahuan. Saat ini adalah era globalisasi yang menuntut persaingan super ketat antar negara. Tidak melek teknologi sama halnya dengan jauh tertinggal di belakang.

Rektor Universitas Muhammadiyah Kendari sekaligus orang tua Amirul Mukminin Yannur (delegasi untuk jenjang SD), Muhammad Nur menaruh harapan besar, putranya mampu mengharumkan nama Sultra. Sebagai orang tua, ia tidak menetapkan target khusus sebaliknya motivasi terus diberi agar sang anak siap maju ke tingkat nasional.

“Di rumah juga dapat pembinaan khusus. Setelah dapat pembinaan dari sekolah mulai pagi sampai sore, ketika sampai rumah kami tetap kasih kesempatan bermain sebentar lalu dievaluasi hasil pembinaan dari sekolah. Kalau ada yang perlu maka ditambahkan,” akunya.

Dengan cara tersebut, walaupun Amirul masih kelas lima namun sudah mampu mengalahkan rekannya dari kelas enam saat seleksi tingkat provinsi. Ia tegaskan, gelar juara tiga nasional yang telah diraih Sultra adalah bukti bahwa kualitas pendidikan tidak jauh beda dengan Jawa dan daerah lainnya. Tinggal bagaimana masing-masing wakil Sultra bisa berusaha sekuat tenaga untuk untuk mengharumkan tanah kelahiran.

Dalam momen yang sama, guru berprestasi SMPN 1 Kendari, Paruddin MPd. juga dikirim dikirim sebagai delegasi Sultra untuk kompetisi Duta Rumah Belajar. Sebelumnya 30 guru telah lalu proses seleksi ketat dan Oji (sapaan akrab) maju sebagai yang terbaik. Nah, seleksi Duta Rumah Belajar akan berlangsung mulai tanggal 13-19 November. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top