Bahasa Mekongga Wajib Masuk Kurikulum – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka

Bahasa Mekongga Wajib Masuk Kurikulum

KENDARIPOS.CO.ID — Seiring perkembangan zaman, penggunaan bahasa daerah di tengah masyarakat khususnya pada usia sekolah, semakin langka. Untuk meningkatan budaya Mekongga yang merupakan suku asli di Kabupaten Kolaka, Pemkab akan membuat peraturan bupati (perbup) tentang gerakan cinta Mekongga. Dengan adanya Perbup tersebut maka pelajaran bahasa daerah Mekongga wajib masuk dalam kurikulum sekolah.

“Saat ini Perbupnya sudah diproses dan sebentar lagi akan ditandatangani bupati. Nantinya sekolah di tingkat SD dan SMP yang ada di Kabupaten Kolaka wajib memasukan mata pelajaran Bahasa Mekongga sebagai muatan lokal,” kata Asisten I Setkab Kolaka, H. Muhammad Bakri, kemarin. Menurut mantan Kadis Kehutanan Kolaka tersebut, langkanya penggunaan Bahasa Mekongga di kalangan masyarakat dipengaruhi tiga faktor yaitu globalisasi, lingkungan serta pernikahan campuran.

“Perkembangan zaman yang begitu cepat membuat penggunaan bahasa daerah semakin jarang. Apalagi ditambah dengan lingkungan yang tak menggunakan bahasa daerah Mekongga sebagai alat komunikasi sehari-hari. Begitupun dengan perkawinan campuran, karena menikah dengan suku lain maka warga lokal jarang menggunakan Bahasa Mekongga,” jelasnya.

Bakri menambahkan, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan mengusulkan Perda tentang penggunaan bahasa daerah Mekongga. Sehinga dengan adanya peraturan daerah tersebut maka penggunaan bahasa Mekongga tak hanya di tingkat sekolah SD dan SMP tetapi juga pada seluruh sekolah dan instansi pemerintahan di Kolaka.

“Kalau Perda tersebut sudah disahkan, maka semua sekolah dan kantor-kantor yang ada di Kolaka wajib berbahasa Mekongga, minimal sehari dalam sepekan. Semua ini kami lakukan untuk menyukseskan program prioritas Bupati Kolaka dalam rangka peningkatan nilai budaya,” ujarnya.(c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top