APBD-P Butur Disepakati Rp 626 M – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Utara

APBD-P Butur Disepakati Rp 626 M

Bupati Butur, Abu Hasan (kanan) saat menerima nota kesepakatan APBD-P 2017 bersama Ketua DPRD, Muh. Rukman Basri Zakariah. Foto: Hadrian Indra Mapa/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melalui proses pembahasan yang panjang dan alot, Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Buton Utara (Butur) akhirnya menyetujui rancangan peraturan daerah (Raperda) anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2017 sebesar Rp 626 miliar. Pengesahan pagu anggaran perubahan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Ketua DPRD Butur, Muh. Rukman Basri Zakariah bersama Bupati, Abu Hasan di Aula DPRD Butur, Minggu (12/11).

Koordinator Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), La Ode Siam menuturkan, terjadi pergeseran dan penambahan anggaran sebesar Rp 17 miliar untuk menuntaskan program prioritas pemerintah. Pelaksana tugas sementara Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buton Utara itu menambahkan, draf APBD-P segera diserahkan ke Pemprov Sultra untuk dilakukan evaluasi. “Senin (hari ini) akan dibawa ke Pemprov Sultra untuk dilakukan evaluasi,” ujar La Ode Siam saat ditemui di DPRD Butur, minggu (12/11).

Bupati Butur, Abu Hasan mengapresiasi kinerja DPRD yang telah menentapkan anggaran perubahan setelah melalui proses pembahasan cukup alot. Menurutnya dinamika itu demi menghasilkan rancangan peraturan APBDP yang berkualitas dan benar-benar berpihak pada masyarakat. Khususnya untuk menuntaskan program prioritas disektor pertanian dan infrastruktur. Apalagi Butur juga akan menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi tahun 2018 mendatang.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Butur, Alimin yang membacakan pandangan fraksi menuturkan, Fraksi Amanah Rakyat, Fraksi Rakyat Bersatu dan Fraksi Kebangkitan Demokrat memutuskan menerima rancangan peraturan daerah APBD Perubahan. Hasil pembahasan dokumen perubahan APBD Kabupaten Buton Utara mengalami penambahan dan pengurangan. Dinas Pendidikan mengalami saving anggaran sebesar Rp 485 juta untuk pengadaan mobil dan pengadaan alat praktik peraga siswa sebesar Rp 365 juta dicoret. Sedangkan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang mendapatkan tambahan anggaran sebesar 11 miliar dan terjadi saving untuk pengadaan peralatan rumah tangga, pemeliharaan rutin berkala kendaraan dinas operasional.

“Anggaran untuk pembangunan turap, talud dan boronjong digeser ke program prioritas lainn, salah satunya untuk pembenahan ruas jalan,” ujar Alimin. Mantan Kepala Bagian Hukum Butur itu menambahkan, pagu anggaran Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman terjadi pengurangan. “Semua pagu anggaran organisasi perangkat daerah terjadi penambahan dan pergeseran untuk menuntaskan program prioritas,” tandasnya. (b/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top