Pabrik Gula akan Dibangun di Mubar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna Barat

Pabrik Gula akan Dibangun di Mubar

LM Rajiun Tumada

KENDARIPOS.CO.ID — Meski daerah otonomi baru, namun Kabupaten Muna Barat (Mubar) kini sudah mulai dilirik oleh penanam modal. Saat ini daerah pemekaran Kabupaten Muna tersebut diinformasikan menarik hati investor untuk membangun pabrik gula. Kabar tersebut juga dibenarkan Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada. “Pabrik gula yang akan dibangun dalam waktu dekat ini akan ditempatkan di Desa Latope dengan luas lahan 400 hektare. Tahapan administrasinya sudah, komunikasi lintas masyarakat juga. Semua komponen yang menjadi persyaratannya telah diselesaikan, “jelas Rajiun, kemarin.

Dengan dibangunnya pabrik gula itu nanti, maka tak hanya akan menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) bagi Mubar. Tetapi juga akan menyerap 10 ribu tenaga kerja. Sebagai salah satu syarat untuk menjadi tenaga kerja di pabrik tersebut kata Rajiun harus berasal dari Muna Barat terutama bagi masyarakat Desa Latompe dan Marobea.

“Ini akan membutuhkan 10 ribu tenaga kerja mulai dari tenaga kasar hingga ahli. Yang akan diutamakan itu adalah tenaga kerja dari masyarakat terdekat. Setelah itu baru akan diambil dari masyarakat luar,” ungkapnya. Dengan dibangunnya pabrik gula tersebut sekaligus menandakan komoditi unggulan yang ada di Muna Barat adalah tebu. (c/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top