13.171 Unit Kendaraan di Kendari Bayar Pajak – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

13.171 Unit Kendaraan di Kendari Bayar Pajak

Petugas Samsat melakukan pencetakan pelat bagi kendaraan yang masa berlaku pelatnya habis. Samsat Kendari 13 ribuan kendaraan terdaftar telah menunaikan pajak. Meningatnya animo masyarakat bayar pajak setelah program pemutihan denda diberlakukan Pemprov Sultra. Foto: Kamaruddin Dai/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak program pemutihan pajak kendaraan bergulir 1 Oktober lalu, animo masyarakat untuk menunaikan kewajiban maupun tunggakan pajak kendaraan sangat tinggi. Hampir setiap hari Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kendari dijejali masyarakat untuk memanfaatkan momen tersebut. Selain pendapatan daerah yang meningkat dari pajak kendaraan, Samsat Kendari juga dapat mengidentifikasi jumlah kendaraan. Saat ini tercatat 13.171 unit kendaraan yang terdaftar membayar pajak. Dibandingkan sebelum program pemutihan pajak ini dibuka, tingkat kesadaran masyarakat membayar tunggakan pajak kendaraan jauh lebih rendah.

Kepala UPT Samsat Kota Kendari, Deddy Agus Susanto mengatakan September lalu sekira 6.822 unit kendaraan yang terdaftar membayar pajak yakni roda dua hanya 4.899 unit plus roda empat 1.923 unit. Jumlah 13 ribuan kendaraan yang telah bayar pajak menunjukkan tren positif dari kebijakan pemutihan pajak ini. “Dalam sehari saja, sekitar 400 hingga 300 unit kendaraan yang terdaftar untuk membayar tunggakan pajak,” ujar Deddy, kamis (9/11).

Deddy menyampaikan agar masyarakat yang belum melunasi tunggakan kendaraan agar secepatnya ke Kantor Samsat selama kebijakan pemutihan pajak ini berlaku. Karena biaya pajak hanya akan dibayar setahun, sementara denda pajaknya juga dihapuskan. Dia meminta masyarakat memanfaatkan peluang ini, karena sangat diringankan. “Kebijakan pemutihan ini yang kedua kali. Pertama kali itu terjadi 10 tahun lalu. Dan belum tentu ada lagi tahun berikutnya, jadi kami harapkan, masyarakat memanfaatkannya,” pinta Deddy.

Untuk diketahui, pemutihan pajak kendaraan dilakukan sesuai Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2017 tentang penghapusan pajak kendaraan. Program ini diadakan untuk membantu masyarakat. Selain itu, tujuan sebenarnya untuk pemuktahiran data kendaraan di Sultra. Karena kendaraan masyarakat yang belum terdata di Samsat. Program pemutihan ini yakni menghapus semua pajak kendaraan yang tertunda pembayarannya selama beberapa tahun. Misalkan pajak kendaraan mati selama lima tahun. Wajib pajak kendaraan hanya cukup membayar pajak satu tahun. Pajak empat tahun tidak dibayar alias dihapus atau diputihkan. Namun untuk pajak pokok dari asuransi Jasa Raharja tetap ditunaikan. Pemutihan pajak kendaraan ini akan berakhir pada 31 Desember.(ade/c).

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top