Tak Bayar PBB, Aset Disegel Tim Yustisi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Tak Bayar PBB, Aset Disegel Tim Yustisi

Nahwa Umar

KENDARIPOS.CO.ID — Aset warga yang teridentifikasi menunggak pajak bumi bangunan (PBB) bakal disegel tim yustisi. Dinas Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (DP2RD) Kota Kendari akan turun bersama tim yustisi yang terdiri dari polisi, TNI, kejaksaan dan beberapa lembaga terkait.

Kepala DP2RD Kota Kendari, Nahwa Umar mengatakan saat ini pihaknya menunggu surat keputusan (SK) Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra untuk turun mengidentifikasi penunggak pajak dengan waktu lama dan biaya tunggakannya sangat besar. Kalau SK sudah ada, tim yustisi akan segera bergerak. “Bulan ini kami turun setelah SK Wali Kota Kendari keluar. Jadi langsung kami segel penungak pajak itu siapapun dia. Yang namanya tidak bayar PBB kami tindaki, dan semua berlaku kepada masyarakat,” tegas Nahwa Umar di ruang kerjanya, Kamis (9/11).

Mantan Kepala Inspektorat Kota Kendari itu menjelaskan setiap masyarakat atau individu yang ditemukan menunggak pajak maka petugas akan memasang plang bahwa rumah tersebut telah menungak pajak. “Jadi kami akan berikan sanksi sosial, dan plang itu akan terpasang terus selama masih menunggak pajak. Dan bila papan pengumuman tersebut dirusak yang bersangkutan akan diproses secara hukum, karena telah merusak aset daerah,” ujarnya.

Penyegalan itu bertujuan untuk menertibkan masyarakat yang tidak memiliki kesadaran membayar PBB. Tunggakan tersebut akan mempengaruhi pendapatan asli daerah (PAD) yang berimbas pada terhambatnya pembangunan daerah. “Ini kami lakukan untuk menyadarkan masyarakat, karena selain memberikan sanksi, juga akan diberikan edukasi tentang pentingnya membayar pajak,” tutup mantan Sekretaris Bappeda Kota Kendari itu. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top