Jika Dipercaya Pimpin HIPMI Sultra, Sucianti Komitmen Perbanyak Enterpreneur Muda – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Jika Dipercaya Pimpin HIPMI Sultra, Sucianti Komitmen Perbanyak Enterpreneur Muda

Sucianti Suaib Saenong (kedua dari kanan) bersama tim mengunjungi Graha Pena Kendari Pos, kemarin (9/11). Usai diskusi, foto bersama
Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin (kedua dari kiri). Foto: La Ode Iman/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) Sultra tengah mencari nakhoda baru. Kepemimpian Dinal Febryanto sudah berakhir September lalu. Nah, 19 Oktober nanti, organisasi kumpulan pengusaha muda ini bakal menggelar pemilihan ketua umum baru. Salah satu kader kuat yang membidik kursi itu adalah Sucianti Suaib Saenong (SSS).

Semua persyaratan yang ditetapkan panitia sudah dipenuhi oleh wanita berhijab itu. Dia berkomitmen akan mendorong munculnya enterpreneur (pengusaha) baru, jika dipercaya memimpin HIPMI Sultra nantinya. “Dalam agama disebutkan, sumber rezeki itu ada 10 dan sembilan diantaranya berasal dari wirausaha (menjadi pengusaha,red). Hal ini yang akan kita dorong kepada anak-anak muda, supaya tidak hanya berharap menjadi PNS saja,” ungkap Sucianti saat berdiskusi dengan Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin beserta jajaran karyawan Kendari Pos di Graha Pena Lantai 1, kamis (9/11).

Menurut Sucianti, pengusaha itu lahir dari tiga proses. Pertama penguasa by nasab yang artinya seorang pengusaha lahir karena melanjutkan karier orang tuanya, yang juga sebagai pengusaha. Kedua, pengusaha by nasib yaitu mereka berjuang dari nol karena keinginan dan cita-cita pribadi. Terakhir tipe pengusaha by desaign. Mereka ini, kata alumnus SMA Negeri 1 Baubau menjadi pengusaha atas peran lembaga tertentu yang menyiapkannya menjadi pengusaha.

“Kalau saya memang berjuang dari nol. Makanya saya menyebut diri saya sebagai pengusaha by desain. Karena berjuang dari titik tidak punya apa-apa, dengan kegigihan serta memanfaatkan koneksi yang saya bangun sendiri akhirnya bisa pelan-pelan berkembang dari waktu ke waktu,” paparnya.

Karena itu, ia mengaku paham betul apa yang menjadi persoalan mengapa Sultra minim pengusaha muda. Kata dia, pola pikir masyarakat Sultra cenderung mencari zona aman. Mereka tidak mau ambil risiko atau istilahnya takut hidup susah. Sehingga pekerjaan yang paling dicari hanya menjadi seorang PNS saja. Padahal, jika ingin menjadi kaya, bukan PNS pilihannya. “Kita masih terlalu terobsesi dengan PNS, padahal tidak ada yang jadi kaya karenanya. Nah kalau kita ingin lebih dari itu maka harus cari alternatif lain, jadilah pengusaha,” katanya.

HIPMI kata dia adalah lembaga paling tepat untuk merangsang pertumbuhan pengusaha muda di Sultra. Tentunya dengan model managemen organisasi yang tepat. Bagi wanita yang juga kader Golkar ini, ada empat pilar HIPMI yang harus dipegang teguh oleh setiap ketua dan anggota. Diantaranya sebagai provider pengusaha muda dan supporter pemerintah. “Insyaallah saya bertekad menfasilitasi dan mementori calon pengusaha muda. Intinya kita punya keinginan untuk berbuat. Saya memang berkarier di Jakarta selama ini, tapi pada akhirnya saya terpanggil untuk mendedikasikan apa yang saya punya untuk membangun daerah. Makanya nanti kita bisa saling support dengan pemerintah,” jelasnya. (ely)

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin salut dengan keinginan kuat Sucianti untuk membangun daerah. Menurutnya, memutuskan keluar dari zona nyaman dan mencari tantangan baru, hanya bisa dilakukan orang-orang tertentu. “Sultra butuh orang-orang seperti dirinya (Sucianti,red),” ujar Irwan. Dia menambahkan, selama ini masih sedikit warga Sultra yang jadi pengusaha di level nasional. Padahal, sebenarnya juga punya potensi, hanya wadahnya saja yang belum dioptimalkan. “Mudah-mudahan dengan adanya ibu Sucianti di HIPMI ini, harapan itu bisa terealisasi,” katanya.

Banyak hal yang berkembang dalam diskusi singkat itu. Hanya pada intinya, Sucianti maupun Dirut Kendari Pos menginginkan, pengurus HIPMI ke depan harus lebih maksimal. Tak hanya melahirkan pengusaha muda, tapi juga membantu pemerintah mengurangi pengangguran. “Sebagai media, kita juga mendorong itu,” imbuh Irwan. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top