211 Pasutri di Kendari Nikah Massal – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

211 Pasutri di Kendari Nikah Massal

Abdul Rauf

KENDARIPOS.CO.ID — Ratusan pasangan suami istri (Pasutri) di Kota Kendari akan kembali meneguhkan ikrar suci di hadapan penghulu. 211 pasutri yang selama ini menikah secara siri akan mengikuti itsbat nikah atau pemenuhan identitas yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari. Untuk prosesi sakral itu, Pemkot Kendari menggelontorkan anggaran sekira Rp 99 juta melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot. Mereka berasal dari sembilan kecamatan di Kota Kendari.

Kepala Bagian Kemasyarakatan (Kabag Kesra) Abdul Rauf menjelaskan pelaksanaan sidang itsbat nikah (bagi yang belum memiliki buku nikah). Hal ini sebagai realisasi kerja sama antara Kemenag Kota Kendari, Pengadilan Agama (PA) Kendari dan Pemkot Kendari. “Untuk melaksanakan kegiatan ini kami mengeluarkan anggaran Rp 99 juta. Anggaran itu untuk biaya akomodasi, pengurusan administrasi dan biaya penyelenggaraan,” ujar Abdul Rauf di ruang kerjanya, Kamis (9/11).

Mantan Sekretaris Kecamatan Baruga itu menjelaskan kegiatan ini berlangsung atas adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot, Kemenag Kota dan PA Kendari. Dan untuk pendaftaran sidang itsbat tersebut, pihak PA Kendari menyeleksi administrasi dan selama sebulan pendaftaran dibuka, terdapat 211 perkara. “Seluruh perkara berasal dari pasutri yang tersebar dari sembilan kecamatan. Dimana seluruh peserta adalah masyarakat yang tidak mampu untuk mengurus buku nikah. Sementara buku nikah itu sangat penting,” jelas Abdul Rauf.

Abdul Rauf menjelaskan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis, 15-16 November 2017. Hari pertama akan diikuti 100 pasutri yang akan disaksikan langsung Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra dan hari kedua akan diikuti 111 pasutri di aula Bertakwa Kantor Wali Kota Kendari. “Namanya orang menikah pasti harus ada saksi, jadi ini pasti ramai dan kami telah siapkan segalanya. Harapan kami sidang itsbat massal yang baru pertama kali dilakukan ini dapat menjadi agenda tahunan Pemkot untuk membantu masyarakat yang belum memiliki buku nikah,” harapnya. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top