Terlibat Pungli, ASN Kolaka Dipecat ! – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka

Terlibat Pungli, ASN Kolaka Dipecat !

Poitu Murtopo

KENDARIPOS.CO.ID — Keputusan Presiden (Keppres) tentang pembentukan tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) di setiap daerah mendapat respon positif dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Kolaka. Rabu (8/11), rapat pemantapan Tim Saber Pungli digelar dan dihadiri langsung Sekretaris Kabupaten (Sekab), H. Poitu Murtopo dan sejumlah perwakilan dari instansi yang tergabung dalam tim tersebut.

Koordinator Tim Saber Pungli Kolaka, H. Poitu Murtopo mengungkapkan, pembentukan dilakukan untuk mencegah terjadinya pungutan yang tidak sesuai dengan aturan. Agar hal tersebut dapat dicegah, pihaknya membagi empat kelompok kerja (Pokja) untuk mendeteksi praktik Pungli di Kolaka.

“Jadi empat Pokja yang dibentuk yaitu intelijen, pencegahan, penindakan dan pro yustisi. Mereka akan bekerja sesuai tugasnya untuk memberantas Pungli di Kolaka,” jelasnya, rabu (8/11). Menurut Poitu, di Kolaka terdapat beberapa instansi yang dilaporkan oleh warga sering melakukan Pungli. Sayangnya, ia enggan menyebutkan instansi tersebut secara detail. “Saya biasa terima laporan bahwa di bagian pelayanan umum itu sering terjadi Pungli,” ujarnya.

Poitu menegaskan, untuk ASN Pemkab Kolaka yang ketahuan melakukan Pungli, maka akan diberikan sanksi berat. Tak tanggung-tanggung, sanksi terberat bagi ASN yang melakukan pungli yaitu pemecatan.

“Sanski pemecatan diberikan jika Pungli yang dilakukan itu terstruktur. Sedangkan sanksi teringan yaitu mutasi. Jadi untuk menekan terjadinya praktik tak terpuji itu, maka kami meminta masyarakat untuk melaporkan jika melihat ada indikasi tersebut di suatu unit pelayanan umum,” pintanya. (b/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top