Penyuluh Pertanian Minim di Busel – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton Selatan

Penyuluh Pertanian Minim di Busel

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan tenaga penyuluh pertanian di Buton Selatan (Busel) dianggap masih minim. Padahal idealnya, setiap desa memiliki satu tenaga teknis tersebut. Plt. Kepala Dinas Pertanian Busel, Muh. Rais mengakui kondisi tersebut. Ia merinci, saat ini di Busel hanya memiliki 11 tenaga penyuluh pertanian. “Dengan jumlah tersebut tentu kami kurang maksimal untuk memfasilitasi dan melakukan penyuluhan-penyuluhan terkait pertanian di masyarakat,” keluhnya, Rabu (8/11).

Pada hampir seluruh daerah di Indonesia, memang mengalami kekurangan penyuluh pertanian. Itu terlihat dari tak adanya perekrutan penyuluh pertanian baru, setiap tahunnya. “Kami sudah menyarankan ke pemerintah provinsi dan pusat agar ada penambahan tenaga penyuluh pertanian, khususnya di Busel ini,” sambung Rais.

Ia menjelaskan, wilayah Busel sangat luas dan beberapa kecamatan terpisah oleh lautan. Saat ini, satu penyuluh harus melayani hingga enam desa. Padahal ada beberapa tenaga teknis pertanian itu yang akan memasuki usia pensiun. “Sekarang kami memaksimalkan tenaga yang 11 orang itu serta melibatkan staf di kantor dinas,” tandas Rais. (c/m2)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top