Pemkab Wakatobi Gagas Simposium Kemaritiman – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Pemkab Wakatobi Gagas Simposium Kemaritiman

KENDARIPOS.CO.ID — Wakatobi memang dikenal dengan keindahan bawah lautnya. Pemerintah kabupaten (Pemkab) kini menyandingkan keunggulan itu dengan sektor kemaritiman. Mengingat Wakatobi diapit dua laut Banda dan Flores dan merupakan daerah Kepulauan. Selain itu, otorita Bupati, H. Arhawi tersebut kini telah dijadikan sebagai Kabupaten Maritim. Berjalan setahun, Pemkab Wakatobi berinisiatif menggagas pembangunan maritim pada tanggal 10 November besok dengan tema “Membangun Skenario Laut Banda Sebagai Ruang Kesejahteraan Bersama”.

Gagasan ini menurut Bupati Wakatobi, H. Arhawi punya dasar dalam membangun daerah sesuai visi sebagai kabupaten maritim yang berdaya saing. Apalagi Wakatobi berada di Tenggara Sultra dan merupakan daerah Kepulauan. “Pantaslah kita jadikan Wakatobi sebagai kawasan maritim, karena luas wilayah Wakatobi 97 persen laut dan darat hanya tiga persen. Apalagi kita berada di antara Laut Banda dan Flores,” ungkap Arhawi, rabu (8/11).

10 tahun ke depan, lanjut Arhawi, tentu tidak hanya menyangkut hal-hal pariwisata dan perikanan saja melainkan harus ada usaha besar untuk mengembangkankan pembangunan maritim Wakatobi. “Simposium yang akan kita laksanakan pada tanggal 10 November tentu punya tujuan dan harapan. Bagaimana bisa kita bangun kerja sama antardaerah yang masuk kawasan Laut Banda. Kita undang lima provinsi dan 17 kabupaten/kota lainnya,” terang Arhawi.

Dalam simposium ini akan dibuka tiga klaster untuk peserta, baik dari akademis, pemerintah kabupaten/kota dan lainnya. Lima provinsi yang diundang Pemkab Wakatobi adalah Maluku, Maluku Utara, NTT, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. “Kita berharap bisa menghasilkan yang terbaik dalam rangka mendorong pembangunan di kawasan Laut Banda ini,” tambahnya. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top