Parah ! Calon PPS Teridentifikasi Pengurus Parpol di Muna – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Parah ! Calon PPS Teridentifikasi Pengurus Parpol di Muna

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak hanya pada perekrutan PPK, calon yang diduga pengurus Parpol juga terindikasi pada penjaringan panitia pemungutan suara (PPS) Muna. Berdasarkan hasil temuan panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Muna, jumlahnya mencapai 48 calon. Jumlah ini menambah daftar panjang temuan Panwas. Apalagi pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna terkait penetapan PPK yang lulus seleksi masih menyisakan persoalan. Pasalnya, Panwas masih menemukan anggota Parpol yang masuk lima besar PPK.

Ketua Panwaslu Muna, Al Abzal Naim mengatakan telah mengantongi nama calon PPS yang diduga anggota Parpol. Temuan ini berdasarkan identivikasi dan pencicikan Panwas terkait data F2. Hasilnya, cukup banyak calon PPS tercantum namanya pada kepengurusan Parpol. Sebelum pendaftaran PPK dan PPS lanjutnya, Panwas telah meminta KPU menyerahkan data F2. Sayangnya, permintaan itu diabaikan. Nanti setelah proses berlangsung, data tersebut baru diberikan. Padahal Panwas memiliki maksud baik. “Kalau mereka (KPU) sadar, pasti akan diberikan. Sebab kami ingin membantu mereka. Dari pada terlanjur disoroti kan tidak baik,” sindir Al Abzal Naim ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/11).

Seharusnya, KPU lebih jeli mengidentifikasi calon yang diduga anggota Parpol. Sejak awal pendaftaran, nama-nama tersebut sudah bisa diketahui sehingga bisa langsung dicoret. Ironisnya, nama-nama ini baru teridentifikasi saat tahapan berlangsung. Berdasarkan data Panwaslu, PPK kecamatan Bone atas nama La Ode Musabaka dari Partai Nasdem, lolos lima besar.  “Ada apa dengan KPU. Masa, mereka tidak identifikasi nama-nama sebelum pendaftaran. Makanya, kami bakal surati mereka. Selain itu, kami minta pelantika PPK harus ditinjau ulang. Persoalan nanti ada yang keberatan, itu urusan mereka dengan Parpol, ” tandas alumni fakultas pertanian Universitas Halu Oleo (UHO) ini.

Demikian halnya dengan calon anggota PPS. Dari hasil pendataan, Panwas mengidentifikasi 48 calon PPS terindikasi pengurus Parpol yakni PDIP, PKS, PPP, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, Berkarya, serta Perindo. Makanya, Panwas akan memantau hasil pleno KPU yang akan diumumkan tanggal 10 November 2107.

Panwas tegas Al Abzal Naim, tidak main-main untuk mempresure temuan ini. Menurutnya, lolosnya mereka merupakan bobroknya KPU. Hal ini akan berimplikasi pada kepercayaan KPU sebagai penyelenggara. “Ketidakcermatan KPU, diindikasikan sebagai syarat kepentingan. Saya juga merasa heran, kenapa mereka tercover.Makanya, kami segera bersurat,” pungkasnya. (b/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top