Lepas Tiga Kontingen, Kemendikbud Titip Raih Emas – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Lepas Tiga Kontingen, Kemendikbud Titip Raih Emas

Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Hamid Muhammad (tengah) melepas delegasi lomba karate internasional di kantor Kemendikbud, Selasa (7/11).Foto: Jawa Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kemendikbud melepas tiga kontingen lomba internasional serentak, Selasa (7/11). Ketiganya adalah lomba karate internasional di Liege, Belgia untuk kelompok SD dan SMA. Serta kontingen lomba astronomi dan astrofisika jenjang SMA di Phuket, Thailand. Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan kepada para siswa untuk memasang target medali emas. “Target itu yang maksimal,” jelasnya. Dia berharap kontingen karate dan astronomi bisa membawa pulang medali emas sebanyak-banyaknya.

Hamid membagikan tiga tips supaya para siswa bisa berjuang maksimal. Yakni, menguasai substansi perlombaannya. “Yang karate ya teknik karatenya. Yang astronomi ya soal astronominya,” kata dia. Para siswa harus mengikuti arahan pelatih atau pendamping sebaiknya. Tips kedua adalah jangan merasa rendah diri. Dia mencontohkan untuk karate jenjang SD, bisa jadi peserta dari negara lain badannya tinggi-tinggi. Hamid berharap delegasi Indonesia tetap bermental baja untuk mengalahkan peserta lainnya. “Tidak boleh bermental tempe. Meski tempe itu aslinya enak,” katanya lantas tertawa.

Terakhir Hamid mengingatkan tentang kesehatan. Dia menjelaskan persiapan maksimal, jika sudah sakit, maka tidak bisa konsentrasi. Untuk itu para peserta lomba diminta hati-hati soal makanan dan istirahat. Paling sering terjadi kasus sakit diare. Berikut ini adalah nama-nama delegasi ketiga lomba internasional itu. Untuk lomba karate internasional jenjang SD adalah Gebrina Najwa Andini (SDN 27 Banda Aceh), Hazel Ramadhan (SD Bosowa Bina Insani Bogor), Syafira Ramadhani (SDN 4 Bati Aji Batam), Luvena Milano Setiyaka (SD Lazuardi Kamila GIS Surakarta), Buffon Julianto Sinaga (SDS Marsudirini Siak), Dan Denis Darmawan (MIS Ma’arif Mangunsari Salatiga).

Kemudian untuk karate jenjang SMA ada M. Zidane Bagaskara (SMAN 70 Jakarta), Nadya Baharuddin (SMAN 5 Makassar), Gaby Dara Ayu (SMAN 4 Sidoarjo), Muhammad Naufal (SMAN 67 Jakarta), Annissa Nabila Rezki (SMA 1 PKL Kerinci), dan Reza Mahendra (SMAN 18 Medan). Lalu delegasi untuk lomba astronomi dan astrofisika terdiri dari Ahmad Sirojul Millah (MAN Insan Cendikia Serpong), Mochammad Azmy Adzkiansyah (SMAN 3 Malang), Muhammad Dino Wibisono (SMAN 5 Bekasi), Muhammad Ikhsan Kusrachmansyah (SMA Kesatuan Bangsa), dan Yuniarti Khotimah (SMA Semesta BBS Semarang). (JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top