Kapolda Sultra : Dana Desa Harus Tepat Sasaran – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Kapolda Sultra : Dana Desa Harus Tepat Sasaran

Kapolda Sultra, Bigjen Pol Andap

KENDARIPOS.CO.ID — Polisi kini diberi tugas tambahan mengawasi pengelolaan dana desa (DD). Semangatnya adalah agar uang negara tersebut bisa lebih tepat sasaran dalam pemanfaatannya. Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto mengaku sudah menginstruksikan seluruh anggotanya untuk menyukseskan program tersebut.

“Sebenarnya, sebelum ada kesepakatan itu (tiga menteri,red), kami sudah lakukan pola pengawasan tata kelola DD ini. Seperti dilakukan bhabikamtibmas yang bertugas di Polres Baubau dan Polres Kolaka Utara,” ungkap Brigjen Pol Andap. Pendampingan diperlukan supaya pengelolaan DD bisa tepat sasaran. Teknisnya, lanjut dia, anggota bhabimkamtibmas lakukan pendampingan saat proses pembangunan proyek pedesaan. Sebab, proyek ini tidak melibatkan pihak ketiga dan tidak ada pemborong. Karena memang masyarakat sendiri yang mengerjakan. Cara lain, dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar pengerjaannya itu menggunakan plank proyek. “Itu hanya sebagian dari tugas pengawasan. Harapan kita, pengelolaan DD ini bisa memberikan dampak signifikan bagi pembangunan daerah, khususnya infrastruktur di pedesaan,” jelasnya.

Tak hanya supaya lebih tepat sasaran, pendampingan polisi juga diharapkan bisa mengeliminasi perbuatan korupsi di lingkup pedesaan. Kalau saja, kata Andap langkah seperti ini dilakukan sejak dulu, maka penyimpangan bisa dihindari. “Tapi kepala desa tidak perlu khawatir. Sebab, polisi hanya lakukan pendampingan, bukan untuk intervensi. Soal apa yang mau dibuat, silahkan rembukkan dengan masyarakat,” terangnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama-sama Kementerian Pedesaan, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kementerian Dalam Negeri dan seluruh Kapolda seluruh Indonesia, melakukan penandatanganan MOU, tentang pengawasan dana desa. Kesepakatan itu dengan tujuan untuk mencegah penyimpangan pengelolaannya di seluruh Indonesia. (b/ade)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top