Dugaan SPPD Fiktif Buton Utara, Penyidik Belum juga Tetapkan Tersangka – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Dugaan SPPD Fiktif Buton Utara, Penyidik Belum juga Tetapkan Tersangka

KENDARIPOS.CO.ID — Penyidikan dugaan korupsi surat perintah perjalanan dinas (SPPD) fiktif Buton Utara (Butur) tahun 2012-2014 sudah bergulir sejak 2014. Saksi-saksi yang dianggap mengetahui perkara itu baik dari eksekutif maupun legislatif Butur sudah diperiksa. Sampai saat ini, belum satu pun oknum yang ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Sultra.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh melalui Kasubdit IV Tipikor AKBP Honesto Dasinglolo menyebutkan penyidik masih melacak siapa saja yang dianggap bertanggungjawab atas dugaan korupsi tersebut. Saat ini, penyidik masih memerlukan keterangan ahli pidana untuk menguatkan peran dan kedudukan pihak yang dianggap bertanggungjawab. Dalam beberapa pemeriksaan saksi, penyidik belum menemukan perbuatan tindak pidana korupsi. “Jadi, kami masih butuh saksi ahli lagi. Setelah itu, akan kami gelar perkara lagi,”kata AKBP Honesto Dasinglolo, Rabu (8/11).

Mengenai penetapan tersangka, AKBP Honesto Dasinglolo belum dapat memastikan. Yang jelas, penyidik masih terus memeriksa saksi-saksi. Sebelumnya sudah ada oknum bendahara dari tiga SKPD Butur diperiksa sebagai saksi. “Yang jelasnya, tetap akan kami tunggu keterangan ahli,” tutur AKBP Honesto Dasinglolo.

Untuk diketahui, dalam kasus ini telah memeriksa puluhan saksi. Berdasarkan pemeriksaan saksi-saksi, penyidik menemukan 179 orang yang diduga ikut menikmati SPPD dalam rentang waktu tahun 2012 hingga 2014. Ratusan orang itu diduga dari kalangan eksekutif dan legislatif di Buton Utara. Kasus ini diselidiki penyidik sudah cukup lama. Penyelidikan awal dilakukan Polda Sultra pada November 2014. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top