Diknas Konawe akan Tambah Guru PAUD – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

Diknas Konawe akan Tambah Guru PAUD

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ini, sebanyak 750 guru tidak tetap (GTT) telah terakomodir dalam program guru honorer daerah (Honda). Program yang digagas Dinas Pendidikan (Diknas) Konawe itu untuk menghimpun guru nonPNS yang belum bersertifikasi, atau tak terakomodir oleh pemerintah pusat. Pada anggaran 2018 nanti, kuota guru Honda akan ditambah, dan 30 persen dari itu adalah jatah guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK.

Menurut Ketua PAUD NI Dikbud Konawe, Suryadi, pada anggaran 2017 seharusnya jatah guru TK atau PAUD sekitar lima persen harus terakomodir. Namun karena masih banyak guru TK hanya jebolan SMA, sehingga dari kuota 750 orang, tidak satupun terakomodir, karena tidak lolos kualifikasi. “Ya, karena? yang dicari hanya guru sarjana. Padahal faktanya 85 persen guru TK di Konawe adalah tamatan SMA,” bebernya.

Ia telah menyampaikan kondisi tersebut pada kepala dinas dan pemerintah kabupaten. Hasilnya, ada penambahan kuota guru Honda sebanyak 30 persen dari guru PAUD atau TK di Konawe bakal terakomodir. Jika kuota penambahan guru Honda sebanyak 500 orang, maka jumlah guru TK atau PAUD yang diakomodir adalah 150 orang. “Jadi, tergantung kuota, semakin banyak tambahan, banyak juga yang terakomodir,” ujarnya.

Berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik) 2016, jumlah guru TK atau PAUD di Konawe sebanyak 165 status PNS dan 657 nonPNS. “Tentu saja Pemkab belum bisa mengakomodir seluruhnya, tapi kita upayakan setiap tahun ada yang masuk. Itu demi kesejahteraan guru dan kemajuan pendidikan,” tandas Suryadi. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top