Dana BOS di Butur Belum Cair – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Dana BOS di Butur Belum Cair

KENDARIPOS.CO.ID — Keterlambatan pencairan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) juga dialami satuan pendidikan di Kabupaten Buton Utara (Butur). Dinas Pendidikan memastikan dana BOS untuk triwulan III dan IV belum disalurkan. Satuan Kerja Perangkat Daerah yang membidangi pendidikan itu, mengeluhkan adanya keterlambatan secara tidak langsung mengganggu proses pembelajaran.

Kepala Dinas Pendidikan Butur, Agus Pria Budiana menuturkan, tidak mengetahui pasti kendala apa yang menyebabkan terlambatnya pencairan Dana BOS triwulan ketiga ini. Namun, informasi yang beredar ada kesalahan Kementerian Pendidikan dalam melakukan transfer anggaran dan Surat Keputusan penyaluran dana Bos belum diteken.

“Triwulan pertama juga seperti ini, tidak tahu apa sebenarnya yang menjadi kendala. Kalau syarat administrasi seperti laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS triwulan sebelumnya dari sekolah-sekolah sudah selesai,” cetusnya.

Mantan Camat Bonegunu ini mengungkapkan, dana BOS dikucurkan pertriwulan atau tiga bulan sekali dengan jumlah anggaran diterima setiap sekolah tergantung jumlah peserta didik di satuan pendidikan masing-masing kurang lebih sebesar Rp 6 miliar Dana BOS untuk satuan pendidikan di Butur tahun 2017. Kalkulasinya, semakin banyak jumlah siswa, makan dana BOS yang disalurkan langsung melalui rekening setiap satuan pendidikan pun bertambah.

“Untuk besaran jumlah dana BOS persiswa setiap jenjang pendidikan berbeda-beda pula. Untuk jenjang SD persiswa dijatah Rp 800 ribu untuk satu tahun dan siswa SMP Rp 1 juta,” terangnya. Agus Pria Budiana menambahkan, pada prinsipnya dana BOS dipergunakan untuk keperluan siswa terkait proses belajar mengajar selama di sekolah. “Namun, ada beberapa standarisasi yang harus dipenuhi dalam penggunaannya. Antara lain dana BOS diporsikan untuk membiayai operasional program sekolah, yakni pengembangan kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses, pendidik dan tenaga pendidikan, sarana dan prasarana sekolah, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan sistem implementasi penilaian,” tandasnya. (had/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top