Triwulan III 2017, Ekonomi Sultra Tumbuh 6,54 Persen – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Triwulan III 2017, Ekonomi Sultra Tumbuh 6,54 Persen

Atqo Mardiyanto

KENDARIPOS.CO.ID — Ekonomi Sultra di triwulan III Tahun ini, tumbuh 6,54 persen. Jika dilihat dari sisi produksi, umumnya didorong oleh lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi dicapai usaha pertambangan dan penggalian yang mencapai 15,90 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi diperoleh komponen impor barang dan jasa yang tumbuh sebesar 44,78 persen. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra, Atqo Mardiyanto memaparkan, ekonomi Sultra periode ini naik 2,65 persen. Dari sisi produksi pertumbuhan tertinggi dicapai usaha konstruksi sebesar 7,46 persen, sedangkan dari sisi pengeluaran dicapai oleh komponen ekspor barang dan jasa yang meningkat signifikan sebesar 22,45 persen.

“Jika dibandingkan, ekonomi Sultra semester satu sampai dua tumbuh 7,15 persen. Pertumbuhan tertinggi juga dicapai oleh usaha pertambangan dan penggalian sebesar 15,04 persen sedangkan dari sisi pengeluaran terutama didorong oleh impor barang dan jasa yang tumbuh sebesar 39,90 persen,” ujar Atqo dalam rilis data strategis terbaru Sultra, Senin (6/11) lalu. Dengan demikian, perekonomian Sultra berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan tiga ini mencapai Rp 27.677,06 miliar dan atas dasar harga konstan mencapai Rp 21.224,19 miliar.

Jika dilihat satu per satu, PDRB menurut lapangan usaha, triwulan ini terhadap triwulan tiga tahun lalu maka dapat diketahui bahwa ekonomi bumi anoa tumbuh 6,54 persen yang didukung oleh hampir semua lapangan usaha, kecuali pengadaan air yang mengalami penurunan sebesar 3,25 persen. Sementara pertumbuhan tertinggi dicapai oleh pertambangan dan penggalian sebesar 15,90 persen diikuti real estate sebesar 9,80 persen dan penyediaan akomodasi dan makan sebesar 9,40 persen. Struktur PDRB menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku pada triwulan tiga ini tidak menunjukkan perubahan berarti. Pertanian, kehutanan dan perikanan serta pertambangan dan penggalian lalu perdagangan besar dan eceran serta reparasi sepeda motor masih mendominasi PDRB.

Selanjutnya, dari sisi Pengeluaran, pertumbuhan ekonomi triwulan ini terhadap triwulan tiga tahun lalu tumbuh sebesar 6,54 persen yang terjadi pada semua komponen. Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh impor barang dan jasa sebesar 44,78 persen, diikuti ekspor barang dan jasa sebesar 35,79 persen dan pembentukan modal tetap bruto sebesar 10,91 persen. “Struktur PDRB kita menurut pengeluaran atas dasar harga berlaku pada triwulan ini tidak menunjukan perubahan yang berarti,” tandasnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top