Tuntas, SMAN 1 Kendari Juara Lomba Tari Kreasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Tuntas, SMAN 1 Kendari Juara Lomba Tari Kreasi

Siswi SMAN 1 Kendari menampilkan tarian Pomantamu dari Buton dalam ajang pagelaran seni budaya se-Sultra di Taman Budaya, selasa (7/11). Tampil sempurna, mereka dinobatkan sebagai juara 1. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — SMAN 1 Kendari berhasil meraih juara pertama lomba tari kreasi berbasis budaya lokal dalam ajang pagelaran seni budaya se-Sultra yang digelar Kendari Pos bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, selasa (7/11). Mereka berhasil memukau dewan juri, lewat tarian Pomantamu dari Buton yang dibawakan dengan sangat indah. Tarian ini menggambarkan seorang gadis yang dipingit sebelum memasuki jenjang pernikahan.

Posisi kedua berhasil diraih siswa SMAN 2 Kendari. Sedangkan juara ketiga direbut siswa SMKN 1 Kendari. Dewan Juri I lomba tari kreasi, Ariani Wahyu S mengatakan, semua peserta memberikan penampilan terbaik. Hanya saja, ada beberapa detail kecil dari instrumen penilaian yang menjadi pembeda. Dia memastikan, bersama dua rekan juri lainnya, Iqbal Piagi dan Suhandi telah memberikan penilaian dengan sangat obyektif.

Kata dia, kriteria penilaian lomba ada lima. Yakni dimulai dari kostum, wirasa, wirama, wiraga dan kreativitas setiap peserta lomba. Sehingga, jika dilakukan dengan baik maka akan menghasilkan penampilan yang harmonis antara musik, tarian, dan kostum sekalipun. “Dari semua aspek penilaian, peserta dari SMAN 1 Kendari berhasil mengumpulkan 1.050 poin, sehingga berhak menyandang status juara. Sementara posisi dua ditempati SMAN 2 Kendari dengan 1.030 poin. Adapun posisi ketiga diraih SMKN 1 Kendari dengan 960 poin,” ungkap PNS di Taman Budaya Sultra ini.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin (baju putih) foto bersama juara 1 lomba tari kreasi dan guru pendampingnya dari SMAN 1 Kendari usai pengumuman lomba, selasa (7/11). Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

Untuk juara harapan, posisi tiga ditempati SMAN 2 Konsel dengan bobot 796 poin. Selanjutnya, juara harapan dua adalah SMK PPN Wawotobi dengan nilai 810 poin. Kemudian, juara harapan satu diraih SMAN 7 Kendari dengan nilai 900 poin. Guru pendamping grup tari SMAN 1 Kendari, Hamsiah, S.Pd., M.Pd mengaku bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya. Di sekolah, memang ditanamkan untuk mencintai tarian daerah masing-masing. Hal itu dengan diwadahi dalam unit sekolah, sanggar seni dan tari. “Selamat kepada anak-anakku. Prestasi di bidang tari itu menjadi modal ke depannya,” harapnya dengan nada bahagia setelah siswanya meraih juara satu.

Salah seorang tim penari SMAN 1 Kendari, Rehsa adyacna menuturkan, mereka bertujuh hanya latihan kurang lebih sepekan. Tarian tersebut juga sejatinya sudah sering dibawakan dalam setiap pentas melalui pembelajaran di sanggar tari sekolahnya. “Alhamdulillah, dapat juara satu juga. Ini berkat kerja keras dan kekompakan tim,” kata siswi kelas XI IPA 4 SMAN 1 Kendari ini.

Dirut Kendari Pos, Irwan zainuddin beserta dewan juri foto bersama peserta lomba tari kreasi berbasis budaya lokal usai pengumuman lomba di Taman Budaya Sultra, selasa (7/11). Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin memberikan apresiasi atas partisipasi peserta dari berbagai sekolah di Sultra dalam pagelaran seni budaya ini. Dirinya sangat senang, bukan hanya karena acara yang baru pertama kali digelar ini sukses. Lebih dari itu, karena peserta maupun pihak sekolah begitu antusias mengikuti, mulai technical meeting hingga lomba terakhir, selasa (7/11).

Irwan menilai, kegiatan ini sangat positif. Tidak hanya mengenalkan budaya lokal dan menumbuhkan semangat cinta budaya pada generasi muda, lebih dari itu juga bisa menjadi ajang mempererat silaturahmi. Makanya, dirinya sangat berharap, kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan ke depannya. “Kita upayakan bisa menjadi agenda tahunan. Tapi dengan kemasan lebih baik lagi. Terutama item lomba akan lebih diperbanyak lagi. Kami harap bapak/ibu guru lebih mempersiapkan siswanya, supaya bisa memberikan penampilan terbaik nantinya,” kata Irwan saat memberikan sambutan.

Kepala Taman Budaya Provinsi Sultra, Dodhy Syahrulsah juga sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Ke depan, kata dia, pihaknya sangat membuka diri untuk kegiatan positif dalam rangka pelestarian budaya daerah di Sultra ini. “Kami selalu mendukung dan tentu siap jika tempat ini (taman budaya) terus digunakan untuk kegiatan kesenian ataupun kebudayaan. Dan itulah fungsi kami termasuk melestarikan budaya baik melalui kompetisi seperti ini (gebyar pagelaran seni budaya,red),” ungkapnya disela-sela kegiatan berlangsung.

Ketua panitia kegiatan, Nursyamsi Abidin bersyukur karena semua lomba berjalan dengan baik dan sukses. Rencananya, penyerahan hadiah lomba akan dilakukan saat malam ramah tamah 17 November nanti di Grand Clarion Kendari. Sebelumnya, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lukman Abunawas juga mengapresiasi pelaksanaan pagelaran seni budaya. Melihat manfaatnya, dia memastikan kegiatan serupa akan kembali digelar tahun depan dalam skala yang lebih besar lagi. “Bagi saya Kendari Pos tetap terbaik. Selalu menginspirasi. Kegiatan yang sedang berlangsung sekarang ini sangat luar bisa. Kita memang harus selalu kerja sama dalam hal-hal seperti ini,” jelasnya.

Pagelaran Seni Budaya yang berlangsung di Taman Budaya sejak pekan lalu, lanjut dia perlu dimaksimalkan, agar manfaatnya tidak hanya dirasakan peserta yang terlibat, tapi juga sekolah lain yang belum berpartisipasi. “Tahun depan harus digelar lagi dan dibuat lebih meriah. Peserta harus lebih banyak, khususnya sekolah yang berpartisipasi. Kegiatan ini juga sebagai salah satu wujud dari pelaksanaan visi misi pemerintah tentang pelestarian budaya,” katanya. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top