Nikmati Keunggulan Jadi Anggota JKN-KIS – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Nikmati Keunggulan Jadi Anggota JKN-KIS

Peserta BPJS Kesehatan saat menerima pelayanan. Foto: Dok. Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), sudah pasti banyak keunggulan yang akan dinikmati pesertanya. Hanya saja, masih banyak warga yang belum paham. Salah satu keunggulan menjadi member JKN-KIS adalah lebih terbantu dalam menanggung biaya berobat bila dibandingkan dengan jalur biasa, tentu butuh budget yang lebih besar. Menurut Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kendari, dr Dina Diana Permata AAK, aturan pemerintah yang menetapkan keharusan masyarakat jadi member adalah ide brilliant. Dulu, banyak ditemukan kasus pasien tak dilayani oleh rumah sakit karena kendala biaya, namun dengan BPJS Kesehatan perlahan itu mulai hilang.

“Dalam Pasal 14 Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ditentukan bahwa setiap orang termasuk orang asing yang bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program jaminan sosial,” ulasnya. Oleh karenanya, bagi masyarakat yang masih belum jadi peserta JKN-KIS harus segera mendaftarkan diri. Apalagi, meminjam kartu BPJS Kesehatan milik orang lain adalah kecurangan dengan ancaman pidana dan untuk peserta PBPU atau peserta mandiri, iuran yang dibayarkan tiap bulan pun sebenarnya tidak seberapa jika dibandingkan dengan besarnya biaya pelayanan kesehatan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan.

“Prinsip gotong royong terlihat jelas disini. Karena iuran peserta yang sehat membantu yang sakit sehingga semua peserta mampu merasakan manfaat dari kepesertaan JKN-KIS,” tambah Dina. Satu kasus yang masih sering dihadapi dan cukup merugikan adalah pinjam meminjam kartu. Tak hanya untuk BPJS Kesehtan namun juga untuk pemilik kartu juga. Pasalnya, implementasi fingerprint bagi peserta JKN-KIS khusus pelayanan Hemodialisa (cuci darah) resmi berlaku untuk menghindari kecurangan (berlaku sejak Oktober lalu di Rumah Sakit Bahteramas Sultra). “Karena sistem fingerprint, khawatirnya jika pemilik kartu tiba-tiba sakit dan butuh pelayanan kesehatan jelas tidak bisa digunakan lagi akibat sudah dipakai oleh si peminjam,” tegasnya.

Ini adalah pelajaran berharga bagi masyarakat bahwa meminjam kartu termasuk bentuk kecurangan. Siapapun yang meminjamkan kartu JKN-KIS kepada yang tidak berhak, melanggar Pasal 55, 56, 263 ayat (1), 378 dan 381 Kitab Undang Undang Hukum Pidana dengan ancaman maksimal enam tahun penjara. Sementara peminjam wajib membayar ganti rugi sekaligus menanggung sanksi lainnya.”Jadi, segera daftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS,” tutupnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top