Infrastruktur Irigasi di Kolut Harus Dioptimalkan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

Infrastruktur Irigasi di Kolut Harus Dioptimalkan

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Banyak saluran irigasi atau pengairan pada areal persawahan petani di Kolut tidak optimal dan harus dibenahi.

KENDARIPOS.CO.ID — Banyak saluran irigasi atau pengairan pada areal persawahan petani di Kolaka Utara (Kolut) tidak optimal dan harus dibenahi. Pendapat tersebut diungkapkan Wakil Bupati Kolut, H. Abbas setelah melakukan pemantauan pada beberapa titik persawahan yang ada di otoritanya.

Salah satu lokasi pantauan Wabup yakni hamparan persawahan di Kecamatan Batu Putih. Ia secara langsung banyak menjumpai kerusakan saluran irigasi yang sebagian diantaranya akibat banjir beberapa waktu lalu. “Parah dan telah menyempit hingga tidak optimal mengairi sawah,” ungkap Abbas, Selasa (7/11).

Saat meninjau ia didampingi Kapolsek Batu Putih, AKP Jamaluddin Saho. Kata Abbas, perbaikan saluran irigasi tersebut harusnya sudah bisa dilakukan sebelum musim penghujan kembali intens mengguyur Kolut. Menurutnya, perbaikan bukan saja terfokus pada pengaturan aliran air, namun lebih pada faktor teknis.

H. Abbas sekaligus memantau saluran irigasi yang sementara dikerjakan pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU). Konsultan diikutkan agar bisa mengontrol pekerjaan tersebut supaya dilakukan sesuai kontrak. Kerusakan irigasi persawahan di Batu Putih memang dianggap terparah dibanding desa lainnya.

Jika tidak segera dibenahi, maka akan menyebabkan persawahan terendam saat volume air membesar. “Secara tidak langsung jika hal tersebut terjadi akan mempengaruhi produktivitas hasil pertanian,” tandas Kolut-2 itu. (b/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top