Deadline Lelang Proyek Maret 2018, Kalau Telat APBD Ditarik – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Deadline Lelang Proyek Maret 2018, Kalau Telat APBD Ditarik

Rony Yakob

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah daerah kini harus terbiasa lelang proyek tepat waktu. Tak ada lagi yang namanya molor dari jadwal. Sebab, mulai 2018 nanti jika masih telat dari jadwal maka ada risiko besar yang sangat merugikan pemerintah daerah. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui Inpres Nomor 1 tahun 2015 membatasi waktu lelang proyek APBD induk hanya sampai bulan Maret. Olehnya itu, Pemda diminta lebih gesit lagi dalam menyiapkan program kegiatan beserta tahapan realisasinya.

Hal itu ditegaskan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Pemprov Sultra, Rony Yakob. Mantan Pj Bupati Muna Barat ini mengatakan semua instansi pengelola anggaran sudah harus siap dengan kebijakan baru tersebut. “Regulasinya sekarang semakin ketat. Presiden langsung yang tekankan. Nah kalau ini dilanggar maka APBD kita yang ditarik,” ujarnya, selasa (7/11).

Waktu tiga bulan (Januari-Maret) diakui Rony cukup singkat. Namun, pemerintah memberikan ruang untuk melakukan lelang sebelum APBD dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri dan syaratnya pengelola anggaran bersama rekanan pemenang tender harus membuat MoU. “Isi MoU itu, pemenang tidak boleh marah kalau akhirnya proyek itu dicoret oleh Mendagri, itu harus dibikinkan perjanjian tertulis,” jelasnya.

Soal proses tender ratusan paket tahun 2017 ini kata Rony,  sudah rampung seluruhnya. Sempat ada dua proyek yang gagal karena perusahaan yang ikut lelang tak memenuhi syarat. Namun sudah dilelang ulang dan kini sudah tuntas. “Lelang lancar semua, efisiensi anggaran kita sudah Rp 50 miliar,” tandasnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top