Sulteng Disangka Sultra, Dana BOS Salah Transfer – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Sulteng Disangka Sultra, Dana BOS Salah Transfer

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagian besar sekolah di Sultra harus lebih bersabar untuk menanti pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS) triwulan III. Hasil kroscek Dikbud Sultra ke Kementerian Keuangan, rupanya telah terjadi kesalahan transfer dana oleh kementerian. Setengah dari dana BOS untuk Sulawesi Tenggara (Sultra) ditransfer ke rekening kas daerah Sulawesi Tengah (Sulteng). Akibatnya, dana BOS yang harusnya sudah turun ke sekolah sejak Oktober lalu terpaksa terhambat.

“Namanya daerahnya berurut, ada human error di sana yang mungkin saja melihat Sulteng itu singkatan dari Sulawesi Tenggara. Makanya ada sebagian dana kita masuk ke sana (Sulteng- red),” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Damsid, Senin (6/11). Terkait hal itu, pihaknya sudah mengecek kembali untuk kedua kalinya di kementerian. Jawabannya, dana yang masuk ke Sulteng itu tidak akan ditarik kembali. Namun, pemerintah pusat akan tetap mengganti dana salah transfer itu. “Yang sudah masuk ke Sulteng akan diakumulasi saja dengan triwulan berikutnya. Kita tinggal tunggu saja digantikan oleh Kemenkeu. Karena tidak ada kesalahan administrasi dari kita,” ungkap mantan Dekan Fisip UHO ini.

Dana yang sudah ada kata Damsid tetap akan langsung ditranfer ke sekolah. Demi tertib administrasi, SMK dan SMA akan ditransfer lebih dulu. Sementara untuk SD dan SMP menunggu dana transfer berikutnya setelah ada pembenahan di Kemenkeu. “Harusnya sekarang ini sudah masuk triwulan ke empat. Tapi ini karena mekanismenya yang berubah. Apalagi SMA ini sering terlambat. Makanya yang sudah ada kita arahkan dulu ke SMA dan SMK,” beber Damsid.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra, Hj. Isma mengatakan dana BOS yang masuk ke kas daerah (Kasda) hanya Rp 50 miliar dari Rp 110 miliar. “Masih ada Rp 60 miliar yang tidak masuk. Hanya Rp 50 miliar yang terlihat dalam rekening koran kita. Tapi terserah Dikbud Sultra, mau bagikan dulu yang ada atau menunggu terkumpul semua,” ungkap mantan BPKAD Konsel itu. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top