Pemkab Konsel Sosialisasikan UU Jasa Konstruksi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Sosialisasikan UU Jasa Konstruksi

KAMALUDDIN/KENDARI POS
Seremoni pembukaan kegiatan sosialisasi undang-undang baru jasa konstruksi di Pemkab Konsel, senin (6/11)

KENDARIPOS.CO.ID — Penerapan undang-undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi baru mulai disosialisasikan. Senin (6/11), pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Pekerjaan umum (PU) menggelar sosialisasi tersebut dengan mengangkat tema “Peran Jasa Konstruksi dan Pembinaan Mitra Kerja di Daerah Menuju Kemandirian dan Keunggulan Konstruksi di Indonesia”.

Wakil Bupati Konsel, Dr. H. Arsalim Arifin yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, sosialisasi itu merupakan perhatian Pemkab dalam melakukan kerja nyata membangun daerah di bidang konstruksi dan membuka wawasan semua stakeholder dalam menjawab tantangan pembangunan infrastruktur yang semakin kompetitif, berkualitas dan berdaya saing.

“Dengan ditetapkannya undang-undang ini, kita dituntut bisa bersaing kepada pekerja asing, apalagi memasuki era masyarakat ekonomi Asean (MEA) arus TKA tak terbendung. Makanya kita harus berbenah dan memiliki sertifikat kompetensi kerja yang bisa digunakan di dalam maupun luar negeri,” ujar Arsalim, senin (6/11).

Selanjutnya kata dia, sosialisasi tersebut sesuai dengan instruski presiden diharapkan agar mempercepat sertifikasi pekerja konstruksi mulai dari pusat hingga daerah. Selain itu, UU nomor 2 tahun 2017 ini mengatur adanya pembagian peran yang lebih jelas antara provinsi dan kabupaten dalam pelaksanaan jasa konstruksi, termasuk peran masyarakat dalam pengawasan dan pelaksanaan pekerjaan tersebut.

“Dalam pelaksanaan pengerjaan konstruksi, pengusaha lokal kita akan berdayakan, sehingga pendapatan mereka naik dan sejahtera. Asal punya sertifikasi atau linsensi,” ujar Arsalim. Dicontohkannya, proyek penunjukan langsung (PL) itu akan diberikan kepada para pengusaha muda, supaya bisa menambah wawasan dibidang jasa konstruksi tersebut. “Apalagi ini juga sejalan dengan visi misi Pemkab Konsel untuk menciptakan wirausahawan dan entrepreneur baru,” sambung Arsalim.

Kadis PU dan Tata Ruang Konsel, H. Ichsan Porosi, MTP mengatakan, sosialisasi tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang UU konstruksi baru. Disamping itu menjawab tantangan perubahan jasa yang sejalan dengan perkembangan dunia konstruksi terbuka menuju industri berkelanjutan, serta mensertifikasi para penyelenggara konstruksi Konsel agar bisa berdaya saing.

“Jasa konstruksi ini tidak lagi berorientasi hanya pada urusan bidang PU saja, tetapi mencakup seluruh sektor penyelenggara pekerjaan konstruksi mulai dari pusat hingga ke daerah,” katanya dalam kegiatan yang turut dihadiri Kepala Balai Jakon Wilayah VI Makassar, Faisal Lukman, MT, Kabid Jakon Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan TR Sultra, H. Didi Ardisyah, MM, Ketua LPJK Sultra, Buhardiman, ST., MS dan pejabat lainnya, termasuk ketua asosiasi pengusaha dan konstruksi se-Konsel. (c/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top