Pasar Laino di Muna Masih Harus Dibenahi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna

Pasar Laino di Muna Masih Harus Dibenahi

MUHAMMAD ERY/KENDARI POS
Kondisi Pasar Laino yang hingga kini belum juga tuntas. Pedagang yang menjajakan jualan di sisi jalan akan dipindahkan.

KENDARIPOS.CO.ID — Konstruksi Pasar Modern Laino, memang belum sepenuhnya rampung. Masih banyak yang perlu dilakukan kajian secara teknis, untuk memaksimalkan penyelesaiannya. Pelataran serta areal gedung, akses infrastruktur jalan yang ada mesti dibenahi. Makanya, agar bisa berjalan maksimal, para stakeholder berinisiasi membangun lapak, agar bisa ditempati para pedagang untuk sementara waktu. Tujuannya, agar tak ada lagi pedagang yang menjajakan jualan di trotoar serta bahu jalan.

Penataan tersebut merupakan kebutuhan. Pasalnya, setiap musim penghujan tiba, areal itu menjadi langganan banjir. Makanya, pemerintah setempat merencanakan pengaspalan jalan. Namun, seiring berjalannya waktu, program itu tak berjalan maksimal. Sebab, masih banyak pedagang berjualan di badan jalan. “Sehingga ada inisiatif untuk dipindahkan. Mereka tidak dirugikan. Hanya dipindahkan sebelah kanan saja,” jelas Bupati Muna, LM Rusman Emba saat ditemui di Alun-alun Kota Raha, Senin (6/11).

Rusman menegaskan, pembuatan lapak itu, bukan proyek. Melainkan, ada kepedulian pengusaha pasar untuk menertibkan areal pembangunan. Sehingga, tidak terlihat semrawut. “Itu bukan proyek. Itu hanya sekadar keprihatinan para pengusaha pasar bersama masyarakat pedagang, agar tertata. Kalau pengaspalan jalan sudah selesai, kita berharap segera ditempati. Makanya, kita lakukan secepatnya,” sambung mantan Ketua DPRD Sultra ini.

Seiring dengan program itu, agar pasar modern bisa dioperasikan, Rusman kembali menjelaskan kendala yang ada dimega proyek tersebut. Kata dia, kontraktor sebelumnya, tidak menyelesaikan pekerjaan. Inspektorat serta BPKP harus melakukan audit dulu, sebelum pekerjaan dilanjutkan. Makanya, pemerintah juga belum berani mengambil langkah pembayaran, jika hitung-hitungan antara fisik dan keuangan belum rampung. “Kalau soal fisik banyak persentasenya. Nah, banyaknya ini yang masih dihitung secara teknis oleh pihak terkait, ” jelasnya.

Untuk itu, usai penghitungan, pihaknya berharap, pembangunan segera dirampungkan. Tentunya, ke depan, dapat diperindah dengan kondisi jalan yang representatif. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top