Minim Kantongi Kitas, TKA Tiongkok Keluar Masuk Sultra – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Minim Kantongi Kitas, TKA Tiongkok Keluar Masuk Sultra

Ilustrasi TKA Tiongkok

KENDARIPOS.CO.ID — Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang keluar masuk di Sultra melalui Kota Kendari sudah menjadi pemandangan biasa. Sayangnya, masih sangat minim TKA di Sultra yang masuk melalui Kota Kendari mengantongi Kartu Izin Tetap/Terbatas. Padahal jumlah mereka sudah ratusan bahkan hampir seribuan. Kantor Imigrasi Kelas I A Kendari mencatat hanya sekira 110 TKA saja yang memiliki Kitas. Data itu sejak awal Januari hingga November 2016.

Plh.Kepala Seksi (Kasi) Informasi dan Komunikasi Imigrasi (Infokim) Kendari, Muhammad Keti mengatakan 110 TKA yang resmi mengantongi izin kerja atau Kitas terdiri dari 107 laki-laki dan 3 perempuan. “Jumlah itu tersebar di seluruh wilayah kerja kami yaitu Kendari, Bombana daratan, Konut, Koltim, Kolut, Kolaka, Konsel, Konkep dan Konawe,” ujarnya didampingi Kepala Sub Seksi Pengawasan dan Penindakan Imigrasi (Wasdakim), Andi Ruswan, Senin (6/11).

Umumnya para TKA yang beraktifitas di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kendari hanya visa B211 B. Visa jenis itu digunakan TKA dalam masa uji coba pekerjaan selama 60 hari atau dua bulan. Data Kantor Imigrasi menyebutkan ada 1.270 pelayanan dimana terdiri dari 1.199 laki-laki dan 71 pelayanan perempuan. “Tidak ada data riil berapa TKA yang masih menggunakan visa B211 B. Kami hanya punya data pelayanan. Dimana pelayanan itu bisa satu atau dua orang yang sama melakukan pelayanan, baik perpanjangan atau baru,” paparnya.

Muhammad Keti menjelaskan visa B211 B merupakan izin yang dikantongi TKA untuk bisa mendapatkan Kitas atau visa kerja. Sebelum mendapatkan visa kerja, TKA harus melalui proses Rencana Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) yang dikeluarkan perusahaan pengguna kepada Kementerian Tenaga Kerja dan akhirnya dikeluarkan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA).

“Dalam RPTKA telah tertera siapa saja TKA yang akan bekerja lalu diuji coba dengan menggunakan B211 B selama 60 hari. Dalam masa itu akan dilihat skill TKA memadai atau tidak. Kalau tidak memadai maka dipulangkan. Setelah IMTA-nya keluar, maka visa B211 B milik TKA akan diubah visa kerja atau Kitas. Setiap TKA pemegang Kitas dianggap sebagai tenaga ahli,” tukas Muhammad Keti. (kmr/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top