Kementan Dorong Konsel Jadi Lumbung Ternak – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Selatan

Kementan Dorong Konsel Jadi Lumbung Ternak

Mentan Amran Sulaiman saat mengunjungi Konsel beberapa waktu lalu. Kala itu, dia juga membawa ratusan bibit sapi di otorita Surunuddin Dangga tersebut. Foto: Dok. Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Memiliki potensi dalam pengembangan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) jadikan Konawe Selatan (Konsel) sebagai daerah lumbung ternak. Mendukung program tersebut, kementerian yang dinakhodai Amran Sulaiman itu berupaya meningkatkan jumlah sapi-sapi milik warga Konsel dengan metode inseminasi (kawin suntik). Konsel memiliki lahan penggembalaan ternak yang luas, sehingga menjadi dasar Kementan memberinya kepercayaan sebagai daerah lumbung ternak. Selain itu, dari 14.976 ternak yang dikonsumsi di Sultra, sebanyak 12.100 ekor diantaranya berasal dari otorita Surunuddin Dangga tersebut.

Sultra sangat bagus dalam meningkatkan hasil peternakan. Terutama untuk ternak sapi, Konsel yang paling menonjol. Kendati begitu, kami mendorong pekerja di lapangan yang mengurus sapi bisa ditingkatkan, supaya hasilnya maksimal,” ungkap I Ketut Diarmita, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, senin (6/11). Dia menambahkan, peluang bantuan dari Kementan harus dimanfaatkan dengan baik pemerintah daerah, khususnya Konsel. “Keberhasilan program Konsel menjadi lumbung ternak sangat perlu dukungan pemerintah daerah. Selain itu, juga harus sejalan dengan komitmen masyarakat untuk meningkatkan populasi sapinya,” jelasnya.

Ia juga mengharapkan, dengan program inseminasi tersebut tingkat kebuntingan sapi poting di Konsel bisa meningkat dari sebelumnya. “Kami harap, pada tahun-tahun mendatang, Konsel bisa menembus target kebuntingan dengan peningkatan populasi sapi milik masyarakat,” imbuhnya. (b/yog)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top