SMAN 1 Unaaha Juara Paduan Suara Pagelaran Seni Budaya se-Sultra – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

SMAN 1 Unaaha Juara Paduan Suara Pagelaran Seni Budaya se-Sultra

Dewan juri sempatkan foto bersama guru dan peserta lomba paduan suara dalam rangkaian pagelaran seni budaya se-Sultra usai pengumuman juara di Taman Budaya Sultra, kemarin. Pada lomba ini, SMAN 1 Unaaha dinobatkan sebagai juara pertama. LM Syuhada/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — SMAN 1 Unaaha berhasil menjuarai lomba paduan suara dalam ajang pagelaran seni budaya se-Sultra yang digelar Kendari Pos bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, senin (6/11). Salah satu sekolah di Kabupaten Konawe ini mampu menyisihkan beberapa pesaingnya dari sekolah unggulan di Kota Kendari. Seperti SMAN 1 Kendari, SMAN 2 Kendari dan lainnya. Menariknya, juara II juga diraih sekolah asal Konawe, yakni SMAN 1 Sampara. Sedangkan juara III diraih SMKN 1 Kendari. Sementara diposisi juara harapan diperoleh SMAN 1 Kendari (1), SMAN 2 Kendari (harapan 2) dan SMA Kartika Kendari (harapan 3). Ada dua penampilan yang dinilai dalam lomba ini, yakni menyanyikan lagu wajib mars Bahteramas dan lagu perjuangan.

Ketua Dewan Juri Paduan Suara, Max Rhein mengatakan, semua peserta memperlihatkan penampilkan terbaik. Hanya saja, tetap ada beberapa detail yang menjadi pembeda. Makanya, bersama kedua juri lainnya, Harni Manuel dan Daud telah secara objektif dalam memberikan penilaian. Yakni, dengan melihat kriteria penilaian yang meliputi empat jenis, yakni materi , teknik, interpretasi dan penampilan setiap grup. Maksudnya, materi adalah harmonisasi suara dari setiap lagu yang dinyanyikan. Termasuk ritme suara dan kemampuan mengolah suara. Kedua, teknik dalam menyanyi, ritme dan lainnya. Ketiga, interpretasi menyangkut ekspresi atau penghayatan dalam menikmati setiap lagu yang dinyanyikan. Terakhir, yang dimaksud penampilan adalah performance atau attitude di atas panggung selama tampil. “Termasuk keselarasan pakaian dalam pentas, nada suara seusai tangga lagu dan penataan kerapian di atas panggung,” kata Max Rhein, senin (6/11).

Euforia peserta lomba paduan suara dari SMAN 1 Unaaha usai dinobatkan sebagai juara

Setelah tiga juri menggabungkan hasil penilaian berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan, maka didapatkan SMAN 1 Unaaha mendapat 1928 poin, sehingga berhak dapat juara 1. Kemudian, juara kedua diraih oleh SMAN 1 Sampara dengan total 1880 poin. Sedangkan, peraih juara 3 yaitu SMKN 1 Kendari dengan 1750 poin. “Setelah menimbang, mengingat, memutuskan dan menetapkan juara 1 lomba paduan suara kali ini adalah SMAN 1 Unaaha,” kata PNS Dinas Pariwisata Sultra ini. Dia menilai, kompetisi gebyar seni budaya tersebut sangat positif. Bahkan, menjadi ajang pertama se-tingkat provinsi. Olehnya, pemerintah dengan stakeholder terkait atau dengan Kendari Pos untuk memperbanyak kompetisi serupa ke depannya. Sebab, setiap tahun ada seleksi untuk mengikuti Gita Bahana Nasional (GBN) (grup paduan suara 17 Agustus) di Istana Negara yang diseleksi empat orang setiap tahunnya dari Sultra.

Peserta lomba paduan suara dari SMAN 1 Unaaha. Penampilan mereka memukau penonton dan dewan juri sehingga berhak dapat predikat terbaik.

Kepala SMAN 1 Unaaha, Jusmar, S.Pd., MM mengaku bangga atas prestasi anak didiknya. Kata dia, motivasi siswa yang begitu tinggi dan tekun dalam latihan mengantarkan pada posisi tertinggi. “Sejak awal berangkat dari sekolah (SMAN 1 Unaaha), saya menaruh optimisme tinggi. Dan ketika anak-anak tampil, saya menyimpulkan bahwa dari sekian penampil hanya siswaku yang terbaik, dan juri juga obyektif melihat itu,” ungkapnya dengan bangga saat ditemui sebelum berangkat pulang ke Unaaha.

Dirigen Grup Paduan Suara SMAN 1 Unaaha, Nur Afriani sangat terharu telah menyabet juara satu dalam kompetisi tingkat provinsi tersebut. Dirinya bersama teman lainnya awalnya tak membayangkan bisa juara 1. “Juara ini kami persembahkan untuk sekolah. Dan kami sangat bersyukur sekali,” kata siswi kelas XII IPA 2 SMAN 1 Unaaha. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top