Empat OPD Terapkan Transaksi Nontunai, 1 Januari 2018 Tak Ada Transaksi Cash – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Empat OPD Terapkan Transaksi Nontunai, 1 Januari 2018 Tak Ada Transaksi Cash

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah provinsi Sultra terus melakukan persiapan untuk implementasi peraturan pemerintah soal transaksi non tunai. Efektif berlaku memang terhitung per 1 Januari 2018 namun sebagian organisasi perangkat daerah (OPD) sudah menerapkannya. Hingga kini sudah ada empat OPD yang mulai membiasakan instansinya dengan mekanisme transaksi nontunai. Direktur Utama Bank Sultra, Khaerul Kemala Raden menyebutkan empat OPD tersbut yakni BPKAD, Bappeda, Dinas Cipta Karya dan Bina Kontruksi serta Dinas SDA dan Bina Marga Sultra. “Empat OPD ini sudah bisa mengimplementasikannya. Misalnya perjalanan dinas, tiketnya booking di salah satu travel, nanti Bank Sultra yang bayarkan. Karena dananya kan sudah ada, tinggal ditransfer saja. Tidak ada yang susah,” ujarnya saat sosialisasi di kantor Gubernur Sultra, Senin (6/11).

Lebih lanjut dia memastikan seluruh OPD bisa mendapat pelayanan terbaik dari pihak bank. Bahkan bila diperlukan daerah bisa membuat MoU dengan pihak travel atau hotel tempat mereka bisa menginap dalam menjalankan tugas di daerah lain. “Kalau travel sudah kerja sama meski belum dibayar hari itu maka sudah bisa dibooking tiketnya. Sama juga dengan hotel,” ungkapnya. Sekretaris Daerah Provinsi Sultra, Lukman Abunawas saat memimpin rapat sosialisasi penerapan sistem transaksi nontunai itu mengimbau seluruh OPD untuk memahami manajemen pengelolaan keuangan terbaru itu. “Insya Allah, tahun depan semua sudah bisa. Kita sudah punya pilot project-nya. Ada BPKAD dan Bappeda. Jadi belajar sama mereka saja,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Hj. Isma mengatakan penetapan transaksi nontunai bisa memudahkan penyusunan laporan keuangan daerah ke depannya. “Kalau semua sistem online artinya lebih mudah, baik aspek pengawasan maupun pelaporan,” ujar Hj.Isma. Sejauh ini kata dia, tidak ada yang sulit dengan sistem tersebut. Asal semua OPD memahami sistem kerjanya. “Sama saja dengan transaksi cash. Bedanya ini uangnya tidak kelihatan, langsung ditransfer saja, hanya administrasinya dikerjakan,” tambahnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top