Unhas Lirik Pengembangan SDM Kesmas Kolut – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

Unhas Lirik Pengembangan SDM Kesmas Kolut

DINKES KOLUT FOR KENDARI POS
Kadis Kesehatan Kolut, Alias (kedua dari kanan) usai tampil memberikan penjelasan di depan pihak Unhas terkait pengembangan SDM Kesmas di wilayahnya.

KENDARIPOS.CO.ID — Arah pengembangan sumber daya manusia (SDM) kesehatan masyarakat (Kesmas) yang sedang diterapkan di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mendapat perhatian dari pihak Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Melalui perwakilan kabupaten, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolut, Alias, M.Kes diundang sebagai salah satu pembicara pada seminar nasional bertajuk “Public Health Global Challenges” di kampus tersebut, Sabtu (4/11).

Kadis Kesehatan Kolut, Alias menjelaskan, ada beberapa alasan yang membuatnya hadir mempresentasikan arah pengembangan SDM Kesmas di wilayah kerjanya sebagai pembanding. Saat ini, Kolut memang tengah mengupayakan pemetaan tenaga kesehatan secara proporsional. “Artinya kita tidak bisa terpaku pada komposisi ketersediaan tenaga berdasarkan profesi,” papar Alias, minggu (5/11).

Jalan keluarnya, melalui penguatan kompetensi sertifikasi kebutuhan pokok. Misalnya untuk program penyehatan lingkungan yang biasanya diambil dari jurusan Kesling, ahli gizi harus dari pendidikan serupa dan begitu juga penyuluh kesehatan maupun kefarmasian. Namun karena tidak ada kualifikasi itu, maka tenaga kesehatan lain bisa diberi tugas menangani hal tersebut. “Mereka bisa dilatih dan dididik secara khusus dalam penanganan program oleh profesional (ahlinya),” ujarnya.

Berdasarkan data kesehatan Kolut 2016, wilayah itu memiliki angka bidan terbanyak sejumlah 446 orang, perawat 286, 64 tenaga Kesmas, tenaga kesehatan lain 27, gizi dan kefarmasian masing-masing 25 orang. “Maka dari itu diperlukan penyesuaian institusi dengan tuntutan dan kondisi sekarang,” sambung Alias.

Strategi ke depan, Alias tengah mengupayakan distribusi tenaga lokal spesifik pada satu desa masing-masing satu satu sarjana kesehatan masyarakat dengan mengembangkan Polindes sebagai pusat kesehatan. Juga mengembangkan insentif baik materi dan nonmateri hingga pengadaan pegawai kontrak kesehatan daerah yang berbasis di desa. Termasuk peningkatan mutu pelatihan melalui akreditasi yang berbasis kompetensi dan persyaratan jabatan. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top