Pembom Ikan Resahkan Warga Tongkuno di Muna – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna

Pembom Ikan Resahkan Warga Tongkuno di Muna

MUHAMMAD ERY/KENDARI POS
Kegiatan patroli kepolisian bersama masyarakat Tongkuno memantau perairan yang kerap disinggahi para pembom ikan dari luar daerah.

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas pengeboman ikan di wilayah pesisir Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, kian meresahkan warga setempat. Pasalnya, praktik tersebut telah berlangsung lama dan kondisi karang rusak total. Masyarakat hanya pasrah atas aktivitas oknum tak bertanggungjawab tersebut. Sebab, upaya pencegahan yang dilakukan untuk menjaga wilayah yang biasa disebut Walengkabola itu, tak maksimal.

Perahu tempel para pelaku sangat laju ketika dikejar. Warga Desa Oempu, Arifin mengaku, pelaku pengeboman itu dari luar desa dan bahkan berasal Kabupaten Buton. Meski, warga melarang, mereka selalu mengabaikannya. “Sudah meresahkan sekali. Terumbu karang di sini mulai rusak. Setengah mati dikejar. Kapalnya cepat. Kalau nelayan yang menangkap ikan menggunakan potas, memang sudah tidak ada. Itu juga kan merusak ekosistem laut. Kami adakan kerja sama dengan Polairud, tapi itu belum ada tindaklanjut, ” kata Arifin, Minggu, (5/11).

Maraknya kegiatan penangkapan ikan dengan pengeboman juga telah diketahui aparat Polsek Tongkuno. Berdasarkan informasi dari kepala desa yang menyebut ada beberapa nelayan dari luar daerah melakukan aktivitas terlarang itu, enam anggota Polsek Tongkuno dan Polsub Sektor Tongkuno Selatan, langsung bergerak cepat. Patroli yang dipimpin langsung Kapolsek, Iptu Syamsul Ma’arif, menyisir wilayah perairan yang menjadi lokasi pengeboman, dengan speedboat milik pemerintah desa.

Kapolsek Tongkuno, Iptu Syamsul Ma’arif saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Masyarakat Desa Oempu sudah resah dengan perilaku nelayan luar daerah yang hampir setiap hari melakukan pencarian ikan, dengan menggunakan bom di laut Oempu dan Tanjung. Sayang, dalam patroli tersebut, tidak ditemukan pelaku bom ikan di sepanjang pesisir laut. “Kami akan terus mengintensifkan patroli bekerja sama dengan masyarakat,” janji Syamsul Ma’arif. (b/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top