Laporan Keuangan Desa di Buton Diaudit – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Laporan Keuangan Desa di Buton Diaudit

KENDARIPOS.CO.ID — Pemeriksaan laporan penggunaan dana desa (DD) tahun anggaran 2017 segera dilakukan pihak Inspektorat Kabupaten Buton. Sebagai instansi yang berwenang melakukan telaah laporan keuangan tersebut, Inspektorat akan bekerja selama 12 hari sejak Senin (6/11)hari ini. Sebanyak 83 Desa akan digilir untuk menerima audit.  Inspektur Kabupaten Buton, La Halimu menjelaskan, pemeriksaan laporan keuangan DD merupakan bentuk pengawasan terhadap penggunaan anggaran negara. Semua desa yang sudah menerima kucuran DD, wajib melaporkan penggunaanya sebagai wujud transparansi dan juga syarat pencairan tahap berikutnya.

“Pemeriksaan ini agenda wajib. Semua desa mulai Senin itu akan diperiksa satu per satu selama 12 hari,” jelasnya, minggu (05/11). Ia mengaku, audit tersebut meliputi telaah terhadap perencanaan anggaran dan pelaksanaan serta bukti fisik realisasi anggaran dimaksud. Dari pemeriksaan itu, dapat diketahui sejauh mana penggunaan anggaran DD tepat sasaran ataupun ada indikasi penyimpangan.

Inspektorat akan mengetahui hasilnya setelah semua proses telaah selesai yang ditargetkan pada akhir November. “Jadi setelah kami periksa dokumennya, akan ada lagi tinjauan fisik selama 15 hari setelah pemeriksaan administrasi,” paparnya.Jika ditemukan indikasi penyimpangan, seperti kesalahan administrasi, terang Halimu, pihaknya akan melakukan pembinaan. Namun bila ada kerugian negara yang ditimbulkan, Inspektorat bisa berkoordinasi dengan penegak hukum untuk diperiksa lebih jauh.

Untuk proses pemeriksaan itu, Inspektorat akan menurunkan sembilan tim internal yang masing-masing tim terdiri dua atau tiga orang. Pemeriksaan administrasi akan dipusatkan di kantor Inspektorat. “Akhir November bisa diketahui hasilnya,” tandas Halimu. (c/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top