Genjot Penyaluran KUR, BCA Sasar Pedagang Online – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Genjot Penyaluran KUR, BCA Sasar Pedagang Online

Uang rupiah. Foto: JPNN

KENDARIPOS.CO.ID — Bank Central Asia (BCA) menggandeng Lazada untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) mikro. Lewat kerja sama itu, para penjual (seller) Lazada dapat mengajukan KUR melalui fitur Pinjaman Dana yang ada di laman Lazada University. KUR dapat berupa kredit modal kerja maupun investasi dengan plafon maksimal Rp 25 juta. Saat ini, Lazada memiliki lebih dari 50 ribu seller yang berpotensi mendapatkan fasilitas KUR dari BCA. ”Tahun ini kami menargetkan KUR tersalur Rp 100 miliar. Sampai Oktober 2017, KUR yang tersalur sekitar Rp 80 miliar. KUR mikro sepuluh persen dari jumlah tersebut,” kata Executive Vice President PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Liston Nainggolan setelah penandatanganan memorandum of understanding (MoU) Jumat (3/11) pekan lalu.

Menurut dia, permintaan masyarakat terhadap KUR tahun ini cukup standar meski tidak terlalu tinggi. Hal yang menjadi tantangan bagi perbankan adalah mengedukasi masyarakat tentang persyaratan pengajuan KUR ke bank. Sebab, banyak pengusaha UMKM yang belum akrab dengan sistem administrasi dan proses kredit di bank. Di sisi lain, persyaratan untuk mendapatkan KUR cukup ketat. ”Bunga KUR tahun depan akan turun menjadi tujuh persen. Sekarang masih sembilan persen. Bunga yang rendah akan lebih menarik pengusaha untuk mengajukan KUR dan lebih meringankan buat mereka,” jelas Liston.

Chief Financial Officer PT Ecart Webportal Indonesia (Lazada Indonesia) Sandy Permadi mengungkapkan, pihaknya akan membantu para seller untuk terus mengembangkan bisnis. Termasuk mengajukan KUR ke bank. ”Semua sektor kami dukung. Kami tidak mempunyai batasan seller bidang tertentu untuk mendapatkan fasilitas ini,” ujarnya. Lazada, lanjut dia, terus membantu para seller untuk ”naik kelas”. Tahun ini ada dua ribu UMKM di sebelas kota yang dibina untuk masuk ke marketplace. Lazada juga mempunyai seller yang terus dibina agar mampu menembus pasar online.

Program pembinaan tersebut dapat dikerjasamakan dengan BCA, antara lain, dalam bentuk pelatihan. Misalnya, pelatihan tentang peningkatan kualitas produk, sistem pembukuan, dan pemasaran produk. (jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top