Gaji Pokok Pekerja Naik Rp 174 Ribu – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Gaji Pokok Pekerja Naik Rp 174 Ribu

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Setiap tahun gaji pokok pekerja yang tertuang dalam upah minimum provinsi (UMP) mengalami perubahan. Itu dihitung berdasarkan estimasi ekonomi yang disesuaikan dengan harga kebutuhan pokok masyarakat. Untuk UMP 2018, pemerintah juga sudah melakukan perhitungan dan sudah mencapai kesepakatan dalam forum dewan pengupahan provinsi. Hasilnya, gaji pokok pekerja naik Rp 174 ribu dibanding dengan tahun ini yang hanya Rp 2.002.625.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sultra, Saemu Alwi membenarkan kenaikan UMP itu. Kata dia, setelah melakukan beberapa kali pertemuan dengan asosiasi pengusaha Indonesia di Sultra maka disepakati kenaikan UMP itu sebesar 8,71 persen. Olehnya itu, tidak ada alasan bagi siapapun untuk menolak keputusan bersama itu. “Ini bukan keputusan sepihak pemerintah, tetapi dirapatkan, didalam itu sudah ada pengusaha, perwakilan pekerja, pemerintah, jadi sudah sepakat itulah angka yang paling rasional,” ujar Saemu Alwi, akhir pekan lalu.

Mantan asisten III Setprov Sultra itu menegaskan perusahaan yang melanggar ketentuan itu bisa dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Namun untuk mengevaluasi itu, pemerintah butuh kerjasama masyarakat untuk melaporkan perusahaan mana saja yang tidak membayar gaji sesuai UMP itu. “Ini wajib berlaku pe 1 Januari 2018. Nanti kita akan kuatkan lagi dengan Pergubnya,” tambah mantan PJ. Bupati Buton Utara ini. Mantan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sultra itu mengaku sudah mendata jumlah perusahaan yang wajib menerapkan UMP itu yakni sebanyak 7.526 perusahaan. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top