Zetizen Jadi Contoh Sukses Media Inovatif Asia – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Zetizen Jadi Contoh Sukses Media Inovatif Asia

Dari kiri: Dubes RI untuk Selandia Baru, Sampoa dan Tonga Jose Antonio Morato Tavares, Dubes Selandia untuk RI Trevor Matheson dan istri, Nuannit Matheson, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Perdana Menteri Selandia Baru John Key besert saat launching Zetizen beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Kesuksesan Zetizen meraih Bronze dalam Asian Digital Media Awards 2017 tidak hanya diganjar trofi. Halaman anak muda yang juga bisa diakses melalui zetizen.com itu dijadikan contoh sukses membuat konten viral bagi generasi milenial. Bahwa anak muda tidak hanya disuguhi artikel, tetapi juga diajak melakukan aksi bersama. CEO & Young Audiences Consultant Connections Aralynn McMane memperkenalkan dua media sukses dalam konferensi Digital Media Asia 2017, Kamis pagi (2/11). Tema besar yang disampaikan Aralynn adalah membuat konten yang mudah dibagikan dan viral untuk generasi milenial. Selain Zetizen, yang dijadikan contoh adalah R.AGE documentaries Malaysia.

Jawa Pos, lewat rubrik Zetizen-nya, diperkenalkan sebagai media yang banyak melibatkan anak muda. Rubrik khusus anak muda itu dianggap sangat sukses karena menciptakan banyak momen kesan pertama yang membekas. ’’Seperti kompetisi pertama yang saya ikuti, berita pertama tentang saya, serta artikel pertama yang saya tulis di media,’’ terang Aralynn kepada para peserta dari berbagai negara Asia itu. Dia lantas memerinci beberapa kegiatan yang berkaitan dengan berita pertama. Misalnya, soal polling rutin. Lantas, ada berita terkait dengan itu. Menurut dia, itu merupakan cara cerdik untuk mengajak anak berpartisipasi dalam pemberitaan. Apalagi, bahasan yang diambil sangat dekat dengan generasi milenial.

Perempuan asal Prancis tersebut juga mencontohkan kegiatan Zetizen yang berhasil menarik anak muda. Salah satunya Zetizen Jawa Pos National Challenge yang berbuah trofi inovasi terbaik. Program itu bisa menarik puluhan ribu anak muda untuk berpartisipasi. ’’Ini semua sudah dilakukan dengan benar oleh Jawa Pos,’’ katanya. Perempuan berkacamata tersebut menambahkan, Jawa Pos bisa menjadi contoh bagaimana sebuah inovasi dapat sukses tercipta dalam perusahaan media cetak. Sebab, dalam pengamatannya, manajemen Jawa Pos memberikan kepercayaan dan ruang gerak yang besar kepada anggotanya untuk melakukan hal tersebut.

Sementara itu, R.AGE membuat video dokumenter mengenai bahaya predator seks melalui ponsel. Media asal Malaysia itu melakukan investigasi untuk mengungkap hal tersebut. Untuk mendukung gerakan itu, mereka membuat kampanye lewat media sosial (medsos). Kampanye tersebut sangat sukses karena R.AGE sudah memanfaatkan medsos sejak awal. Bahkan, mereka termasuk media massa pertama di Malaysia yang menggunakan medsos sebagai alat untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi. Artinya, pengalaman pertama anak muda bermedia sosial didapat bersama R.AGE.

Namun, Aralynn menekankan, membuat konten yang mudah dibagikan dan viral tetap harus jauh dari berita palsu alias hoax. Anak muda harus dijauhkan dari hoax. Bahkan kalau perlu dilibatkan dalam memerangi hoax. Nah, kegiatan positif yang dilakukan Zetizen dan R.AGE documentaries bisa menjadi contoh untuk memerangi berita bohong. Dia lantas menyebut sebuah media di Eropa yang melibatkan anak muda sebagai editor sebuah berita. Itu dilakukan untuk melatih mereka agar bisa membedakan antara hoax dan berita yang sesuai dengan fakta.

Setelah menyampaikan materi, Aralynn terkejut melihat Jawa Pos yang aktif memerangi berita bohong melalui rubrik Hoax atau Bukan. ’’Itu dilakukan setiap hari dan di halaman 2? Sangat bagus untuk memerangi berita palsu,’’ tuturnya. Sebagaimana diketahui, Jawa Pos secara rutin memuat artikel berita bohong dan penjelasan yang sebenarnya sejak 4 Juli 2017. Rubrik Jawa Pos Clearing House of Information itu hadir setiap hari di halaman 2 koran dan muncul di JawaPos.com. (*/c5/nw)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top