UHO Miliki Presma Baru Lewat E-Voting Pemilu Raya – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

UHO Miliki Presma Baru Lewat E-Voting Pemilu Raya

Humas UHO for Kendari Pos
Rektor UHO, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu, saat menutup Pleno penetapan pasangan Presma UHO periode tahun 2017-2018 yang berlangsung aman dan damai, Rabu (1/11) malam lalu di Auditorium Mokodompit, Kampus Baru.

KENDARIPOS.CO.ID — Ada yang berbeda dalam Pemilihan Umum Raya Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Halu Oleo (UHO) yang resmi ditetapkan Rabu (1/11) malam di Auditorium Mokodompit. Selain pertama kali menggunakan sistem e-voting, momen setahun sekali ini juga berlangsung aman dan diikuti mahasiswa UHO di atas 50 persen.

Tentu kondisi itu berbeda dibanding suksesi mahasiswa UHO sebelumnya yang kerap melahirkan riak di lingkup kampus. Rektor UHO, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu, yang memantau langsung jalannya prosesi Pemilu Raya Presma periode tahun 2017-2018 tersebut, mengungkapkan tidak ada perlakuan istimewa jelang pemilihan hingga pleno. Sejak awal dirinya selalu menekankan pada mahasiswa untuk prioritaskan masa studinya di kampus.

“Kuliah itu prioritas. Organisasi kemahasiswaan juga penting untuk digeluti, dengan catatan sebagai media untuk melahirkan hal-hal positif pada diri yang bersangkutan, agama, masyarakat dan bangsa ini. Saya memberi ruang mereka untuk itu, semua mahasiswa punya peluang yang sama. SIlahkan dimanfaatkan,” terangnya.

Prof Zamrun pun menjelaskan bahwa sistem e-voting merupakan perhitungan baru setiap Pemilu Raya UHO kedepannya. Sehingga, yang tadinya ‘manual’ bisa terus dilaksanakan dan dikembangkan pada kedepannya. Bahkan, bisa dilihat langsung perolehan suara dan grafik perebutan suara tertinggi.

“Alhamdulillah, kondisinya sejak awal aman dan damai. Ini yang kita harapkan, ke depannya saya berharap apa yang dicapai hari ini menjadi rujukan Pemilu Raya selanjutnya. Tentu situasi nyaman ini butuh dukungan kita bersama. Dan siapapun yang terpilih kita dukung dan pantau bersama kinerjanya,” tambah mantan Dekan FMIPA UHO ini.

Hasil perhitungan e-voting akhirnya menetapkan calon nomor urut empat, Sarlin dan Faisal Burhan sebagai ketua dan wakil Presma UHO periode 2017-2018 dengan perolehan suara sah 6269. Kedua pasangan itu berhasil tiga rivalnya, yakni La Ode Muh. Yasir dengan 5192 suara, Marlin dan Nusrim dengan 4726 suara serta Pudin dan La Nur Iskandar dengan 3024 suara sah. “Semua kandidat tersebut sama sekali kenal, apalagi ikut campur. “Jadi, saya pastikan pemenang itu adalah keinginan mahasiswa UHO, untuk dipimpinnya. Dan karena satu calonpun saya tidak mengenalinya,” ditegaskan Rektor UHO ini, disela-sela penghitungan suara Presma di Auditorium Mokodompit UHO.

Smenetara itu, Ketua Panitia Kerja Pemilu Raya BEM UHO, Dr. La Tarifu, M.Si., menuturkan Pemilu raya teraebut sangat berjalan lancar. E voting sangat maksimal dalam menjaga independensi mengawal suara mahasiswa, tidak ada tekanan. Pada pelaksanaannya pihaknya penyelnggara KPU dan Panwas bekerja maksimal.

Sejatinya, kata dia, e-voting tersebut sudah dilakulan pengkajian dan studig banding pada salah satu dari empat PT di Indonesia yang baru menggunakan sistem tersebut, yakni Universitas Indoensia. Para mahasiswa yang memilih harus adalah mahasiswa.aktif dan terdaftar di Pustik UHO. Sebanyak 37.235 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap. Namun, dari jumlah tersebut sebanyak 19.211 orang yang menggunakan hak suaranya. “Setiap bilik di TPS masing-masing fakultas (18 fakiltas) itu dilengkapi dengan laptop yang terkoneksi dengan DPT tersebut. Jadi, terjaga betul suaranya, berbeda dengan sistim manual dulu,’ ujar Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dan Alumni FISIP UHO ini. (wan/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top