Realisasi Investasi Sultra Lampaui Target – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Realisasi Investasi Sultra Lampaui Target

Masmuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Pertumbuhan ekonomi Sultra tahun ini cukup menjanjikan. Salah satu parameternya bisa dilihat dari realisasi tingkat investasi selama tiga triwulan terakhir. Sejak Januari hingga September rilis investasi nasional menempatkan Sultra di posisi atas. Bahkan terbaik dari daerah lain se-Sulawesi.

Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDM) misalnya, hingga kini sudah mencapai Rp 2.891 miliar. Itu menempatkan Sultra diurutan 13 dari 24 provinsi. Jumlah proyek dari pemodal dalam negeri itu sebanyak 54 proyek. Sementara untuk Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 634 dolar Amerika atar sekira Rp 11 triliun. Sedangkan jumlah paketnya 74 proyek.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Provinsi Sultra, Masmuddin mengatakan ada empat poin yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah. Pertama belanja pemerintah, belanja masyarakat, kegiatan ekspor impor dan terakhir investasi. “Pertumbuhan ekonomi kita diatas rata-rata nasional. Kalau nasional hanya lima persen. Kita di Sultra tujuh persen,” jelas Masmuddin, Kamis (2/11).

Salah satu penentu laju pertumbuhan ekonomi itu lanjut Masmudin adalah investasi. Investasi Sultra terus membaik bahkan sudah melampaui target. “Nah investasi kita sekarang sudah melampaui target triwulan III yakni Rp 10 miliar,” kata mantan Wakil Bupati Konawe itu.

Berdasarkan target yang diterapkan nasional, sektor investasi wajib menyumbang 30 persen dari pertumbuhan ekonomi. “Kita di Sultra 42 persen sektor investasi kita, jadi cukup tinggi,” tambahnya. Untuk triwulan terakhir kata dia, masih diharapkan on the track. Sektor tambang dan pertanian masih menjadi primadona penyumbang investasi. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top