Perekrutan PPK Bermasalah, KPU Muna Kena Warning – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Perekrutan PPK Bermasalah, KPU Muna Kena Warning

KENDARIPOS.CO.ID — Perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Muna masih menyisahkan masalah. Bila tidak rampung, seleksi penjaringan anggota badan ad hoc ini bakal menimbulkan preseden buruk pada lembaga penyelenggara Pemilu. Pasalnya, adanya calon yang terindikasi pengurus partai politik (Parpol). Makanya, panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Muna merekomendasikan calon-calon tersebut untuk tidak diloloskan.

Ketua Panwaslu Muna, Al Abzal Naim mengaku mencuatnya kasus tersebut berawal saat pihaknya melakukan pengawasan pada seleksi wawancara. Data-data pendukung pun yang dihadirkan oleh Panwascam sangat valid. “Ada beberapa orang yang masuk dalam pengurus partai. Ini yang harus dipresure. Jangan sampai lolos. Kita juga sudah merekomendasikan ke KPU disertakan dengan bukti-bukti kuat. Namanya pengurus parpol, tidak boleh terkafer, ” tegas Al Abzal Naim saat ditemui, Kamis (2/11).

Panwaslu kata dia, tidak hanya berhenti pada rekomendasi saja. Untuk itulah, pihaknya tetap akan melakukan pemantuan juga saat pengumuman nanti. Nama-nama calon PPK yang berstatus anggota Parpol, telah dikantongi Panwaslu. Jika dalam prosesnya nanti, KPU tetap meloloskan mereka, maka secara otomatis Panwas bakal bertindak sesuai kewenangannya.

“Tetap pantau. Tapi kalau masih lolos, maka sesuai aturan KPU itu salah. Saya yakin KPU tetap profesional. Jika tidak, maka akan diproses sesuai kewenangan kami, ” tegasnya. Selain temuan itu, Alumnus UHO ini memberikan pertimbangan pada KPU, untuk meninjau kembali calon PPK, yang juga berstatus sebagai perangkat desa. Sebab, ini juga merupakan lembaga pemerintahan terstruktur. “Ini juga bahaya. Karena terstruktur. Kita sampaikan juga sebagai bahan pertimbangan KPU. Tapi lolos dengan tidaknya tergantung KPU. Tapi, intinya kami ingatkan saja, ” pungkas pria dengan sapaan Bram ini. (b/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top