Pagelaran Seni Budaya se-Sultra, SMAN 4 Kendari Jawara Lomba Puisi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Pagelaran Seni Budaya se-Sultra, SMAN 4 Kendari Jawara Lomba Puisi

Kepala Taman Budaya Sultra,
Dodhy Syahrulsah(kesebelas dari kiri, kacamata) foto bersama dewan juri dan peserta usai lomba puisi di Taman Budaya, kemarin (2/11). Siswi SMAN 4 Kendari, Inggrid Amanda berhasil meraih juara 1 dalam lomba ini. Sesuai agenda panitia, hari ini, jumat (3/11) dilanjutkan dengan lomba pidato. Foto: LM Syuhada/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Siswa SMAN 4 Kendari, Inggrid Amanda berhasil menyabet juara 1 lomba puisi dalam ajang pagelaran seni budaya se-Sultra yang digelar di Taman Budaya Sultra, kamis (2/11). Lewat puisi berjudul Sajak Peperangan karangan W.S Rendra, dia berhasil memukau juri dan penonton. Salah satu petikan puisi yang disampaikan: “Perjuangan adalah satu pelaksanaan cita dan rasa. Perjuangan adalah pelunasan kesimpulan penghayatan. Agar nanti terlahir para pembela rakyat tertindas dari zaman ke zaman”. Inggris membawakannya dengan sangat luar biasa, sehingga berhak menempati posisi pertama.

Sementara juara II diraih Ratu Triana, siswa SMAN 1 Kendari. Kemudian juara III Mutmainah dari SMAN 2 Kendari. Selanjutnya, juara harapan I direbut Apriani Ambarwati dari SMAN 7 Kendari. Juara harapan II, M. Ridha Hidayat dari SMAN 3 Kendari serta juara harapan III, Fatin Jaidah dari SMAN 4 Kendari. Saat ditemui usai dinobatkan sebagai juara 1 lomba puisi, Inggrid Amanda mengaku tak menyangka puisi tersebut akan mengantarkannya menjadi sang jawara. “Saya sangat bersyukur. Ini modal penting sekaligus motivasi untuk meraih prestasi lagi ke depannya,” ungkap Inggrid.

Kata dia, keberhasilan ini tak lepas dari doa kedua orang tuanya. Sebab, sejak mendaftar hingga ikut lomba, ibunya Ernida Hamida, S.Ag., M.Pd yang merupakan salah satu guru di MAN 1 Kendari, terus menemani dan memberinya semangat. “Inggrid menang sosok pekerja keras dan selalu mau belajar. Memang hasil tak pernah menghianati proses. Alhamdulillah hari ini (kemarin, red) bisa raih juara I lomba puisi,” kata Ernida. Dewan Juri I Lomba Baca Puisi, Syaifuddin Gani menjelaskan, penentuan juara melalui penilaian yang sangat ketat. Kata dia, pihaknya bersama dewan juri II Arif Relano Oba dan dewan juri III Ari Ashari dalam menentukan penilai ada beberapa kriteria. Yakni, pengucapan, penghayatan, pemahaman dan penampilan selama membawakan puisinya. “Jadi, dari sekian puluh peserta lomba puisi, dia (Inggrid Amanda,red) yang paling tinggi nilainya,” kata Syaifuddin Gani saat ditemui usai mengumumkan juara lomba.

Sumber: Juri Lomba Puisi

Sementara itu, Ketua Panitia Pagelaran Seni Budaya se Sultra, Nur Syamsi Abidin mengatakan, setiap peserta yang menjadi juara akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan. Ia berharap hadiah tersebut jangan dilihat dari nilai tapi menjadi motivasi untuk berprestasi lagi ke depannya. Dia menambahkan, lomba akan dilanjutkan besok (hari ini,red). Agendanya adalah lomba pidato dua bahasa, yakni kategori bahasa daerah dan bahasa Indonesia. Tema tentang Peran pemuda dalam memajukan pembangunan Sultra. “Semua peserta sudah dapatkan agenda acaranya. Pastinya, mereka sudah siap,” kata Manager EO Kendari Pos ini. Supaya lebih semarak, dirinya imbau anak sekolah, khususnya warga Kota Kendari untuk menyaksikan acara tersebut. Bukan hanya sekadar mendukung jagoannya saat lomba tapi juga menjadi momentum pengenalan budaya lokal. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top