Kontribusi Tambang di Konut Belum Maksimal – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Utara

Kontribusi Tambang di Konut Belum Maksimal

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kehadiran usaha pertambangan di wilayah Konawe Utara belum memberikan kontribusi berarti bagi peningkatan perekonomian masyarakat dan daerah. Justru, keberadaan investor pengeruk mineral berharga tersebut lebih banyak memberikan dampak negatif. Sorotan tersebut terungkap saat anggota komisi II DPRD Konut melakukan konsultasi ke Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sultra dan Kantor Syahbandar Langara di Lapuko.

“Dari hasil konsultasi dan diskusi memang sektor pertambangan belum maksimal dalam memberikan kesejahteraan. Karena ada ketidakseimbangan dilakukan oleh pengusaha tambang dengan tingkat kerusakan yang diberikan. Imbalan yang didapatkan daerah juga tidak seberapa,” kritik Sekretaris Komisi II DPRD Konut, Safrin, Kamis (2/11).

Makanya DPRD Konut mendorong para pemangku kebijakan untuk bersama-sama memikirkan yang terbaik bagi daerah dari kehadiran usaha tambang tersebut. Bukan menjadikan warga di sekitar lokasi tambang sebagai “penikmat” dampak negatif yang ditimbulkan penanam modal. Selain itu, keberadaan jembatan titian (Jeti) milik perusahaan tambang dianggap tak memberikan kontribusi bagi daerah disektor pendapatan asli daerah (PAD).

Pasalnya, surat-menyurat olah gerak kapal untuk transportasi laut masih dilakukan pada Kantor Syahbandar Langara. Makanya DPRD juga mendorong wilayah kerja Syahbandar Molawe harus dinaikkan statusnya menjadi unit penyelenggara pelabuhan (UPP) Syahbandar Molawe. Agar pemantauan pelabuhan jeti milik perusahaan tambang lebih terfokus. “Kalau Syahbandar Molawe sudah naik status menjadi UPP, maka akan mudah terkontrol pelabuhan dan transportasi di Konut. Termasuk pengawasan terhadap terminal khusus atau jeti milik perusahaan. Makanya Pemkab Konut akan memberi perhatian serius soal status Syahbandar Molawe sampai ke pusat,” janjinya. (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top