Ketua KPUD Mubar : Calon PPK yang Diduga Anggota Parpol Harus Diberi Ruang Klarifikasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Ketua KPUD Mubar : Calon PPK yang Diduga Anggota Parpol Harus Diberi Ruang Klarifikasi

KENDARIPOS.CO.ID — Indikasinya adanya calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang tidak memenuhi syarat kembali terkuak. Kali ini, giliran Muna Barat (Mubar). Berdasarkan hasil penelusuran pengawas Pemilu (Panwaslu), disinyalir sebanyak 15 calon anggota badan ad hoc penyelenggara Pemilu ini masuk dalam keanggotaan partai politik (Parpol). Atas dasar itu, Panwaslu meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mubar mempertimbangkan 15 nama yang lolos 10 besar dan mengikuti seleksi tes wawancara.

Ketua KPU Mubar, Al Munardin mengapresiasi surat yang dilayangkan Panwaslu. Hanya saja, KPU tidak lantas menganulir calon yang direkomendasi. Apalagi informasi yang diterima KPU masih dugaan. Tentunya, para calon harus diberikan ruang melakukan klarifikasi. “Surat Panwas memang merupakan bukti pengawasan. Akan tetapi tidak serta merta bisa menganulir calon. Jangan sampai temuan itu tidak benar. Akibatnya, akan memunculkan persoalan baru bagi KPU. Makanya, mereka harus diklarifikasi dulu. Makanya, mereka yang namanya masuk dalam data temuan Panwas akan kita panggil,” tandas Al Munardin saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/11).

Meskipun data Panwas merujuk pada F2 (dokumen Parpol yang diserahkan ke KPU) kata pria yang akrab dipanggil La Power ini, namun tidak bisa dijadikan dasar. Menurutnya, ada kemungkinan nama mereka dicaplok dan dimasukan sebagai pengurus Parpol. Buktinya, ada beberapa calon anggota PPK yang komplain lantaran dianulir karena ada keterkaitan dengan Parpol tertentu. Padahal mereka tidak tahu menahu namanya dimasukan dalam kepengurusan Parpol.

“Ini salah satu bukti bahwa ada Parpol yang mencaplok nama-nama warga. Makanya,KPU sangat hati-hati mengambil tindakan. Kami juga menghimbau agar Parpol tidak mencaplok nama warga. Untuk masuk ke pengurusan Parpol, harus ada izin yang bersangkutan. Ini perlu kami tegaskan karena saat ini KPU masuk pada tahapan verifikasi keanggotaan partai politik,” tegasnya Al Munardin.

Kendati masih ada gonjang-ganjing, namun secara umum seleksi perekrutan PPK yang telah sampai tes wawancara berjalan lancar. Sebagian besar peserta telah mengikuti tes tahap akhir yang digelar sejak tanggal 30 Oktober lalu. Sesuai jadwal, pekan ini seleksi tes wawancara pada 110 peserta yang lolos ke 10 besar akan dirampungkan. (b/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top