Dugaan Penambangan di Luar IUP, Polda Sultra Belum Pastikan Ilegal atau Tidak – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Dugaan Penambangan di Luar IUP, Polda Sultra Belum Pastikan Ilegal atau Tidak

Dolfi Kumaseh

KENDARIPOS.CO.ID — Penyidik Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra intensifkan penyelidikan dugaan penambangan di luar izin usaha pertambangan (IUP) yang menyeret perusahaan berbendera PT Jagat Raya Tama (JRT). Sejauh ini, penyidik memeriksa beberapa orang saksi. Hal itu untuk mengetahui dan menentukan aktivitas perusahaan itu ilegal atau tidak. Meski belum cukup kuat alat bukti untuk menaikan kasus tersebut ke tingkat penyidikan, namun penyidik tetap mendalami subtansi perkara.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh menyebutkan kasus ini masih tahapan penyelidikan. Beberapa saksi yang dipanggil belum jelas memberikan keterangan. Kompol Dolfi mengatakan penyidik belum dapat memastikan soal dugaan penambangan di luar IUP itu. Sebab ada beberapa pertimbangan, yakni setelah dilakukan pengecekan data soal luas lahan di luar IUP PT. JRT masih kurang jelas. Makanya penyidik masih akan melakukan pengukuran titik koordinat. “Ini belum terlalu jelas. Kami masih akan mencoba melihat kembali, berapa luas lahan di luar IUP tesebut,” kata Kompol Dolfi, Kamis (2/11).

Pertimbangan lainnya, saksi-saksi yang dicari juga belum ditemukan. Menurut Kompol Dolfi, masih diperlukan pemeriksaan saksi-saksi dan dukungan dokumen. Kesulitannya yakni saksi-saksi yang dicari penyidik adalah karyawana yang lama, yang tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut. “Kalau sudah ada perkembangannya, kami akan beritahu,”katanya.

Dalam kasus ini, penyidik telah memeriksa sejumlah saksi. Diantaranya, Kuasa Direktur PT JRT, Antonio dan Kepala Teknik Tambang (KTT), Krisna. Penyidik memanggil keduanya, untuk meminta dokumen soal legalitas IUP dan luas lahan PT JRT selama ini melakukan aktivitas penambangan nikel. Untuk diketahui PT JRT merupakan perusahaan tambang yang beroperasi sejak tahun 2010 di Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Perusahaan ini memiliki lahan seluas 1.799 hektare. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top