Bhabinkamtibmas Polres Konsel dan Kodim 1416/Muna Gencar Bedah Rumah – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Bhabinkamtibmas Polres Konsel dan Kodim 1416/Muna Gencar Bedah Rumah

Anggota Kodim 1416/Muna (gambar kiri) sedang membangun kembali rumah milik Wa Dae, nenek berusia 150 tahun yang hidup sebatang kara di Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Batalaiworu, Kabupaten Muna, akhir bulan lalu. Foto: Penmrem For Kendari Pos. Anggota Bhabinkamtibmas Polres Konsel (gambar kanan) merehabilitasi rumah milik Zainal, warga Desa Alangga, Kecamatan Andoolo, Konawe Selatan, Minggu (29/10) lalu. Foto: Kamal/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID –Sinergi TNI-Polri tak hanya terlihat dalam menjaga keutuhan bangsa. Lebih dari itu, kedua institusi negara ini proaktif dalam membantu masyarakat. Salah satunya ditunjukkan  Bhabinkabtibmas Polres Konsel dan Kodim 1416/Muna. Meski beda tempat, namun bisa melakukan hal yang sama yakni bedah rumah warga miskin supaya layak huni. Zainal dan Wa Dae menyangka bisa memiliki rumah layak seperti sekarang. Hidup pas-pasan, sehingga jangankan berpikir urusan rumah, untuk makan sehari-hari saja harus banting tulang. Beruntung, datang “malaikat” penolong dari Polres Konsel dan Kodim 1416/Muna, sehingga bisa punya “rumah mewah”, setidaknya begitu versi mereka.

Zainal beserta keluarga kecilnya tinggal di Desa Alangga, Kecamatan Andoolo, Konawe Selatan. Sedangkan Wa Dae, nenek berusia 150 tahun yang hidup sebatang kara di Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Batalaiworu, Kabupaten Muna. Zainal sama sekali tak pernah menyangka akan mendapat kejutan bedah rumah yang dilakukan Polres Konsel. “Saya tidak tahu mau bilang apa lagi. Terima kasih Pak Kapolres beserta jajaran, semoga makin sukses,” ucap bapak tiga anak ini sambil menyeka air matanya, saking bahagianya, saat ditemui, kamis (2/11). Dia bahagia karena sebelumnya, rumahnya hanya berukuran 4×6 meter, berlantai tanah dan beratap daun rumbia. Tempat tidur, ruang tamu dan dapur menyatu semua. Penghasilannya sebagai kuli bangunan tak bisa digunakan untuk membangun rumah layak. Makanya, dia tak bisa menahan air mata bahagia ketika datang petugas dari Polres Konsel merenovasi rumahnya. Pria 35 tahun ini sudah hampir 5 tahun menetap di desa itu.

Cerita tentang bedah rumah Zainal dimulai saat Brigadir Gul Bahar, anggota bhabinkamtibmas Kelurahan Alangga, Kecamatan Andoolo Kabupaten Konsel mengunjungi desa tersebut. Melihat kondisi rumah keluarga Zainal, dia langung melapor  kepada pimpinan melalui Kasat Binmas Polres Konsel, AKP Yusuf Tawang. Melihat laporan dan dokumentasi yang dikirimkan melalui grup whatshap Bhabinkamtibmas, Kasat Binmas AKP Yusuf Tawang langsung menindak lanjuti melalui laporan langsung kepada Kapolres Konsel AKBP Hamka Mappaita, SH.  Sebelum lakukan bedah, Kapolres Konsel bersama Kasat Binmas serta bhabinkamtibmas melakukan survey terhadap rumah milik Zainal.

“Anggaran rehab rumah menggunakan dana sumbangan dari seluruh personil Polres Konsel pada setiap apel pagi, melalui kotak amal. Disamping itu sumbangan lain yang tidak mengikat,” kata Humas Polres Konsel, AKP Yusuf Tawang. Setelah perencanaan matang, akhirnya 29 Oktober 2017, rumah Zainal berhasil direhab. Kapolres Konsel, AKBP Andi Hamka Mappaita mengungkapkan, keluarga Zainal benar-benar layak mendapat bantuan itu. “Dia punya tiga orang anak yang masih kecil dan berpenghasilan Rp 20 ribu sehari,” katanya. Mantan Kasatlantas Polrestabes Makasar ini menjelaskan, setelah direhab kini rumah Zainal telah berdiri kokoh dan layak huni.

Warga lain yang juga dapatkan bantuan bedah rumah adalah Wa Dae, nenek berusia 150 tahun yang hidup sebatang kara di Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Batalaiworu, Kabupaten Muna. Dia tinggal di gubuk dalam kebun masyarakat yang hanya berukuran 2 x3 meter. Atap dan dindingnya sudah bocor, dan dia bertahan hidup dengan bantuan masyarakat. Cerita Wa Dae yang tinggal di gubuk reot dan tinggal sebatang kara itu didengar oleh Dandim 1416/Muna Letkol Inf Idris Hasan. Berbekal informasi dari masyarakat, Dandim kelahiran Buton ini mengecek langsung keberadaan sang nenek. Dia turun ke lapangan, melihat langsung kondisinya. Hatinya terketuk untuk membuatkan rumah layak untuk si nenek.

Setelah melihat kondisinya, dia langsung melaporkan ke Dandrem 143/Ho untuk menggelar bedah rumah sang nenek. Gaung bersambut, dia  mendapat petunjuk dari Dandrem 143/Ho Kolonel Inf Andi Perdana Kahar untuk segera lakukan bedah rumah. “Begitu awalnya, sehingga dilakukan bedah rumah ini,” ujar Letkol Idris Hasan.  Saat proses rehab rumah, Komandan Kodim 1416/Muna Letkol Inf Idris Hasan terjun langsung membangun rumah nenek Wa Dae. Dandim kelahiran Buton ini berbaur bersama anggotanya. Kata dia, kehadirannya di tengah-tengah anggota membangun rumah bukan karena mencari nama, tapi semata-mata terketuk hatinya melihat kehidupan si nenek yang puluhan tahun tinggal di pondok reot.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bedah rumah ini inisiatif dari Kodim Muna sendiri. Anggarannya juga berasal dari seadaya anggota Kodim. “Kami  merasa terpanggil melihat kondisi nenek Wa Dae. Saya tidak sebut ini bantuan atau amal, tapi lebih sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Sebab, kami masih bisa membantu masyarakat. Sudah komitmen kami, TNI kuat bersama rakyat,” imbuhnya. Kini sang nenek bisa tersenyum. Sebab, menjelang akhir hidupnya dirinya dapat tinggal di rumah yang layak. “Terima kasih bapak tentara”, ujarnya dengan lirih dan mata berbinar. (b/*)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top