500 KK di Mubar Belum Miliki Surat Nikah – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna Barat

500 KK di Mubar Belum Miliki Surat Nikah

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah menjadi otorita mandiri pascamekar dari Muna, kini pemerintah kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) mulai melakukan penataan data dan dokumen kependudukan warganya. Salah satu yang sedang dilakukan adalah penguatan data status pernikahan warga Mubar.

Dalam kendali pemerintahan Bupati, LM Rajiun Tumada, Pemkab bekerja sama dengan Pengadilan Agama Raha dan Kemenag Mubar melakukan identifikasi status pernikahan warga. Hasilnya, diketahui ada 500 kepala keluarga (KK) yang belum memiliki surat nikah. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Mubar, LM Husen Tali mengatakan, langkah tersebut adalah gagasan bupati untuk mendata masyarakatnya yang belum memiliki surat nikah.

“Yang sudah diverifikasi ulang sebanyak 200 KK. Lainnya akan menyusul untuk pengurusan surat nikah,” kata Husen Tali, Kamis (2/11). Menurutnya, pemerintah telah menyiapkan anggaran pada APBD-P 2017 untuk proses pendataan dan verifikasi ulang tersebut. “Untuk sidang isbat pernikahan yang pertama itu akan dilaksanakan di Kecamatan Barangka sebanyak 15 perkara dan di Sawerigadi 35 perkara,” jelasnya.

Husen Tali menambahkan, surat nikah sangat penting dalam hidup berkeluarga. Karena dapat dijadikan sebagai kelengkapan dalam pengurusan bantuan sosial, BPJS dan lainnya. “Karena itu harapan pemerintah adalah bagaimana masyarakat punya kesadaran agar segera melaporkan diri kalau belum memiliki surat nikah. Pemerintah akan bantu itu,” janji Husen Tali. (c/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top