Transfer Dana BOS Bermasalah, Dari Rp 110 M Hanya Rp 50 M Cair – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Transfer Dana BOS Bermasalah, Dari Rp 110 M Hanya Rp 50 M Cair

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Ada sedikit ganjalan dalam proses transfer dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pusat ke daerah. Dana BOS pencairan tahap tiga sekira Rp 110 miliar, baru sekira Rp 50 miliar yang masuk ke kas daerah Pemprov Sultra. Sisanya masih tertahan di Kementerian Keuangan. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra, Hj. Isma membenarkan fakta tersebut. Kata dia, sejak tiga pekan lalu dana BOS itu sudah masuk. Namun begitu mengetahui ada kekuarangan dana yang masuk dari jumlah kebutuhan BOS, pihaknya langsung menghubungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) pengelola anggaran. “Kita sampaikan dananya kurang Rp 60 miliar, tolong dicek. Katanya orang Dikbud Sultra sudah berangkat ke Jakarta,” ujar Hj.Isma, Rabu (1/11).

Menurut Hj. Isma, ada kesalahan input data yang terjadi di Kementerian Keuangan. Sebab antara Pemda dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu) sudah dicocokan dan tidak ada masalah. “Masalahnya bukan di kita dan di kementerian pendidikan, tetapi ke Kemenkeu itu yang salah melakukan rekapitulasi,” ungkap Hj.Isma.

Hanya saja, Hj. Isma mengaku sudah tiga pekan menunggu laporan masuk di rekening kas daerah, namun belum ada tamnahan dana BOS itu. Dia menyerahkan sepenuhnya masalah ini ke Dikbud Sultra untuk di carikan solusinya. “Terserah Diknas, kita kan hanya tunggu dananya. Kalau ada (dana BOS) kita proses. Kalau belum nanti Dikbud yang urus, itu anggaran mereka,” tambahnya.

Dengan dana itu lanjut Hj. Isma, sebenarnya sudah bisa turun ke sekolah. Tinggal Dinas Dikbud Sultra saja yang menyerahkan rekomendasi sekolah mana yang didahulukan. “Kita tidak masalah, kalau mau yang Rp 50 miliar itu dulu, bisa saja. Tinggal tunjuk saja sekolah mana yang kita berikan,” katanya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top