RSTC Siap Layani Peserta BPJS Ketenagakerjaan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Aneka

RSTC Siap Layani Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Kabag Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku, Usman Rappe, memberikan sambutan dalam Sosialisasi Manfaat Program Jaminan Kecelakaan Kerja-Program Kembali Bekerja dan Implementasi Penggunaan Aplikasi RSTCOnline di Swiss-Belhotel Kendari, Rabu (1/11). Foto: Wa Ode Sitti Febriani/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Prosedur untuk mendapatkan layanan jaminan kecelakaan kerja, salah satu program yang di-cover Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, rupanya masih belum dipahami banyak pesertanya. Di sisi lain, rumah sakit pun masih bingung membedakan antara pasien yang harus menggunakan jalur BPJS Ketenagakerjaan dan yang bukan. Nah, mulai saat ini semua kebingungan berakhir. Pasalnya, Rumah Sakit Trauma Center (RSTC) telah dibekali ilmu baru sekaligus aplikasi baru RSTC Online untuk mengecek status kepesertaan pasien.

Kabag Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku, Usman Rappe menjelaskan secara gamblang, RSTC (pemberi layanan) dan perusahaan (salah satu penerima layanan) sengaja diberi pemahaman tentang prosedur pemanfaatan jaminan kecelakaan kerja. Penyamaan persepsi jelas mampu mengakhiri kebingungan. “Jadi ketika ada pasien yang datang, maka rumah sakit sudah bisa mengidentifikasi,” ujarnya. Kecelakaan identik dengan benturan dan ini adalah ilmu dasar yang perlu dipahami. Semua jenis kecelakaan kerja ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan, bahkan kecelakaan yang terjadi saat peserta berangkat dari rumah ke tempat kerja yang sebabkan cedera dan harus ke rumah sakit pun di-cover sempurna.

Secara umum, BPJS Ketenagakerjaan menjamin empat program yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan kematian dan jaminan pensiun. Berdasarkan amanah UU, pesertanya adalah seluruh pekerja di sektor formal (penerima upah) maupun informal (bukan penerima upah). Saat ini, BPJS Ketenagakerjaan turun ke lapangan untuk melihat potensi pekerja yang belum ter-cover baik perorangan maupun lewat asosiasi. “Manfaatnya tinggi, namun dengan kewajiban (iuran) yang kecil. Kami pastikan tidak ada pilih kasih dalam pelayanan di rumah sakit,” sekali lagi ia menegaskan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendari, La Uno menambahkan, untuk memberi pemahaman maka dilakukanlah sosialisasi untuk RSTC mitra seSultra. Dengan demikian, semua mendapat informasi paling lengkap dan akurat seputar pelayanan peserta BPJS Ketenagakerjaan, khususnya kecelakaan kerja. Disini, RSTC dibekali prosedur melayani pekerja yang mengalami risiko kecelakaan. Dalam kesempatan tersebut juga hadir Case Manager Wilayah Sulawesi Maluku, Hasna Hidayanti dan dokter penasehat wilayah sultra dan tengah. Adapun pesertanya adalah seluruh RSTC dan klinik mitra seSultra yang jumlahnya 22 unit dan beberapa perusahaan kategori platinum. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top