Gelar Pelatihan Menulis, Dirjen Perbendaharaan Gandeng Kendari Pos – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Gelar Pelatihan Menulis, Dirjen Perbendaharaan Gandeng Kendari Pos

Pengajar dari Pusat Pendidikan, Pelatihan Anggaran dan Perbendaharaan Negara Setyawan Dwi Antoro, Balai Diklat Keuangan Yogyakarta Agus Suharsono, Pemred Kendari Pos Arifuddin Mangka foto bersama peserta pelatihan dari pejabat Kanwil Dirjen Perbendaharaan Wilayah Sultra, Rabu (1/11). Foto : Marwan/KP

KENDARIPOS.CO.ID — Dirjen Perbendaharaan Negara menginginkan semua pejabat eselon III dan IV mampu menulis dengan baik. Hal itu penting, mengingat para pejabat, setiap saat harus membuat laporan keuangan. Makanya, supaya efektif perlu menggandeng media sebagai mitra untuk memberikan pelatihan kepenulisan tersebut.

Pelatihan menulis dikemas dalam bentuk Diklat Peningkatan Kompetensi Penyusunan Laporan Kajian Fiskal Regional (KFR) dan Goverment Finance Statistics (GFS) bagi pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan tahun anggaran 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia, mulai 31 Oktober sampai 3 November 2017. Secara nasional, Dirjen Perbendaharaan menggandeng media Jawa Pos Group sebagai mitra dalam pelatihan menulis. Khusus di Sultra, Kendari Pos yang diberikan kepercayaan memberikan pelatihan.

Pengajar dari Pusat Pendidikan, Pelatihan Anggaran dan Perbendaharaan Negara, Setyawan Dwi Antoro mengatakan, pejabat di lingkup Dirjen Perbendaharaan harus mampu menulis dengan bahasa yang mudah dimengerti. “Saya harapkan, melalui kegiatan ini mereka semakin memahami tata cara menulis yang baik, terutama soal pelaporan keuangan,” ujar Setyawan saat ditemui disela kegiatan yang digelar di Kanwil Dirjen Perbendaharaan Wilayah Sultra, kemarin (1/11).

Menurut dia, kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut, diharapkan mampu menggenjot kualitas menulis pejabatnya. “Ini angkatan keenam. Selain di Sultra, pelatihan serupa juga digelar di tiga daerah lainnya, yakni NTB, Gorontalo dan Semarang. Pemateri jurnalistik semua dari Jawa Pos Group, termasuk Kendari Pos,” jelasnya.

Pelatihan jurnalistik disampaikan langsung Pemimpin Redaksi (Pemred) Kendari Pos, Arifuddin Mangka. Dia membawakan materi jurnalistik tentang ragam tulisan, baik itu artikel, opini, berita dan laporan. Kata dia, semua kategori tersebut berbeda dalam setiap metode penulisannya. Khusus dalam pembuatan laporan, menurut dia, secara struktur berbeda dengan menulis berita. Hanya saja, tetap harus menggunakan bahasa yang baik dan benat, supaya mudah dimengerti orang lain, terutama atasan. “Kalau berita harus mudah dipahami mayarakat. Laporan juga harus begitu,” ungkapnya. Lebih jauh dia menjelaskan, dalam menulis berita harus singkat, padat, dan jelas. Kemudian, judul berita juga maksimal enam kata, tegas dan menarik minat pembaca. (b/wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top